EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH
EFFECTIVENESS OF DISTANCE LEARNING
Di masa pandemi ini, pendidik dituntut untuk menggunakan media dalam pembelajaran daring sehingga pembelajaran dan interaksi peserta didik tetap berlangsung secara efisien dan efektif serta mencapai tujuan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tentang efektivitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam artikel ini ialah studi literature yaitu penelitian kepustakaan melalui beberapa jurnal dan referensi buku lainnya. Dari hasil mengkaji beberapa jurnal serta referensi, ditemukan bahwa guru sebagai pendidik harus mampu meningkatkan kualitas pembelajaran agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Hasil dari penulisan artikel ini ialah dalam proses pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran berjalan efektif harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut: (1) Model pengajaran guru dalam proses pembelajaran sangatlah penting pada saat pembelajaran jarak jauh, dikarenakan peserta didik sulit untuk menerima materi dari guru, maka guru harus dapat menggunakan model pengajaran yang menarik; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran jarak jauh, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar sistem pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan baik, yaitu percaya diri, perhatian, pengalaman, motivasi, peralatan belajar, dan kreatifitas dalam menggunakan media serta mampu menjalin interaksi dengan peserta didik; (3) Prinsip dan syarat dalam pembelajaran jarak jauh merupakan esensi dari segala usaha pendidikan untuk mengantarkan anak tumbuh dan berkembang menuju kematangan, kemandirian dan kedewasaan.
Kata Kunci: guru, efektivitas pembelajaran, pembelajaran jarak jauh
In this pandemic period, educators are required to use media in online learning so that learning and student interactions continue to take place efficiently and effectively and achieve learning objectives. This article aims to analyze the effectiveness of distance learning implementation. The method used in this article is a literature study, namely library research through several journals and other book references. From the results of reviewing several journals and references, it was found that teachers as educators must be able to improve the quality of learning so that learning runs effectively and efficiently in accordance with the learning objectives to be achieved. The result of writing this article is that in the distance learning process so that learning runs effectively, the following things must be considered: (1) The teacher's teaching model in the learning process is very important during distance learning, because students find it difficult to receive material from the teacher, then the teacher must be able to use an attractive teaching model; (2) Supporting factors and inhibiting factors in distance learning, there are several factors that need to be considered so that the distance learning system can run well, namely self-confidence, attention, experience, motivation, learning tools, and creativity in using media and being able to establish interaction with students; (3) The principles and conditions in distance learning are the essence of all educational efforts to lead children to grow and develop towards maturity, independence and maturity.
Keywords: teachers, learning effectiveness, distance learning