Analisa Pengaruh Hardening Terhadap Kekerasan Dan Ketangguhan Baja S45C Dengan Media Pendingin Air Garam Dan Oli Untuk Aplikasi Poros Motor Roda Tiga
Analysis Of The Effect Of Hardening On The Hardness And Toughness Of S45C Steel With Salt Water And Oil Cooling Media For Three Wheel Motor Shaft Application
Penelitian ini berawal dari masalah pada kendaran bermotor roda tiga yang sering memuat beban melebihi kapasitasnya. Sehingga komponen kendaraan berupa poros roda menerima beban berlebih dan beban kejut yang mengakibatkan deformasi. Melihat permasalahan yang terjadi pada poros, penulis ingin mengetahui pengaruh perlakuan panas pada material baja S45C sebagai bahan pengganti poros.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Material yang digunakan adalah baja S45C, material dilakukan perlakuan panas hardening pada suhu 850°C dengan waktu tahan 60 menit, dilanjutkan proses quenching pada media pendingin larutan air garam dengan konsentrasi 0%, 10%, 20% dan oli SAE 20W, SAE 40W, SAE 80W. Pengujian material yang di lakukan menggunakan pengujian kekerasan rockwell dan pengujian impak charpy.
Berdasarkan data hasil penelitian, kekerasan material terbesar adalah 59,76 HRC menggunakan media pendingin larutan garam 20%, dan kekerasan material terkecil adalah 30,83 HRC menggunakan media pendingin oli dengan viskositas rendah SAE 20W. Sedangkan nilai ketangguhan material terbesar adalah 0,443 J/mm2 menggunakan media pendingin oli dengan viskositas rendah SAE 20W, dan nilai ketangguhan material terkecil adalah 0,011 J/mm2 menggunakan media pendingin larutan garam 20%. Dari pengujian kekerasan dan ketangguhan pada material diketahui bahwa semakin tinggi persentase larutan garam maka material menjadi sangat keras, sedangkan nilai ketangguhan material semakin menurun, hal ini dikarenakan laju proses pendinginan material terjadi sangat cepat. Dibandingkan pada media pendingin oli, semakin rendah viskositas oli maka material menjadi tangguh, sedangkan nilai kekerasan material semakin menurun, hal ini dikarenakan laju proses pendinginan pada material terjadi secara lambat.
This research started from a problem with three-wheeled motorized vehicles that often load more than their capacity. So that the vehicle components in the form of axles receive excessive loads and shock loads that cause deformation. Seeing the problems that occur in the shaft, the author wants to know the effect of heat treatment on S45C steel material as a shaft replacement material.
This research method uses the type of experimental research. The material used is S45C steel, the material is heat treated hardening at a temperature of 850°C with a holding time of 60 minutes, followed by a quenching process in a salt water solution cooling medium with a concentration of 0%, 10%, 20% and SAE 20W, SAE 40W, SAE 80W. Material testing is carried out using rockwell hardness testing and charpy impact testing .
Based on research data, the largest material hardness is 59.76 HRC using 20% salt solution as cooling medium, and the smallest material hardness is 30.83 HRC using low viscosity oil cooler SAE 20W. Meanwhile, the largest material toughness value is 0.443 J/mm2 using oil cooling medium with low viscosity SAE 20W, and the smallest material toughness value is 0.011 J/mm2 using 20% salt solution cooling medium. From testing the hardness and toughness of the material, it is known that the higher the percentage of salt solution, the material becomes very hard, while the value of the toughness of the material decreases, this is because the rate of cooling of the material occurs very quickly. Compared to oil cooling media, the lower the oil viscosity, the tougher the material is, while the hardness value of the material decreases, this is because the cooling process rate of the material occurs slowly.