Penggunaan Jobsheet Pada Materi Menggambar Potongan Bangunan Di SMK Negeri 1 Sidoarjo
The Use Jobsheet In Pieces Drawing Building Materials in SMK Negeri 1 Sidoarjo
Jobsheet merupakan lembar kegiatan siswa yang berisi petunjuk dan tahapan pengerjaan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau praktik sesuai waktu yang ditentukan dengan hasil yang benar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penggunaan jobsheet pada materi menggambar potongan bangunan.
Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa kelas X DPIB di SMK Negeri 1 Sidoarjo semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Terkait dengan terjadinya covid-19, pelaksanaan pembelajaran disesuaikan anjuran dari SMK yaitu dengan menggunakan pembelajaran secara online menggunakan whatsaap dan situs edmodoo. Sebelum dilakukan penelitian, perangkat pembelajaran yang digunakan untuk materi menggambar potongan bangunan dilakukan validasi kelayakan oleh dua dosen ahli dan satu guru. Pelaksanakan pembelajaran dilakukan tiga kali pertemuan, pertemuan pertama dan kedua diberikan jobsheet berupa berkas PDF dan dilakukan penjelasan melalui whatsapp, dilanjutkan dengan tugas gambar potongan. Hasil pekerjaan dikirim melalui situs edmodoo dan dilakukan penjelasan pembetulan tugas. Pertemuan ketiga dilakukan tes hasil belajar psikomotor materi gambar potongan bangunan menggunakan jobsheet secara online. Soal diberikan melalui whatsapp dan pengumpulan hasil tes berupa foto yang diunggah di situs edmodoo.
Hasil kelayakan validasi perangkat pembelajaran yang dilakukan sebelum covid-19 memperoleh rata-rata persentase sebesar 92%. Persentase tersebut ditinjau dari tabel interpretasi skor termasuk kategori sangat layak artinya semua instrumen kelayakan terpenuhi dan perangkat pembelajaran dapat digunakan penelitian. Hasil belajar psikomotor siswa memperoleh persentase ketuntasan klasikal 92,5% atau mendapat nilai di atas kriteria minimal 75 dengan rata-rata kelas 81,95. Hasil belajar siswa setelah penggunaan jobsheet pada materi menggambar potongan bangunan dapat mencapai di atas KKM, karena siswa dapat memahami materi gambar potongan bangunan secara mandiri.
Kata kunci: Jobsheet, Hasil Belajar, Gambar Potongan Bangunan
Jobsheet is a student activity sheet that contains instructions and stages of work to complete a job or practice according to the specified time with the correct results. The purpose of this study is to describe the feasibility of learning devices and to describe student learning outcomes after using a jobsheet in drawing building pieces.
This research method is quantitative with a descriptive approach. The research subjects of class X DPIB students at SMK Negeri 1 Sidoarjo are even semester of the 2019/2020 school year. Related to the covid-19, the implementation of learning was adjusted to the recommendation of SMK, namely by using online learning using WhatsApp and the edmodoo website. Before the research was carried out, the learning device used for the drawing material of building pieces was validated by two expert lecturers and one teacher. The learning process was carried out three times, the first and second meetings were given a jobsheet in the form of a PDF file and an explanation was carried out via WhatsApp, followed by a cutout drawing task. Work results are sent via the edmodoo site and an explanation of the correction of assignments is carried out. In the third meeting, a psychomotor learning outcome test was conducted using an online jobsheet. Questions are given via WhatsApp and the collection of test results in the form of photos uploaded on the edmodoo site.
The results of the feasibility of validating learning tools carried out before Covid-19 obtained an average percentage of 92%. This percentage is reviewed from the score interpretation table, including the very feasible category, meaning that all eligibility instruments are met and the learning tools can be used by research. Student psychomotor learning outcomes obtained a classical completeness percentage of 92,5% or a score above the minimum criteria of 75 with a class average of 81.95. Student learning outcomes after using a jobsheet on drawing material for building pieces can reach above the KKM, because students can understand the material for drawing pieces of a building independently.
Keywords: Jobsheet, Learning Outcomes, Drawing of building pieces