ABSTRAK
Arini Pakistyaningsih. 2019. Pengembangan Model Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Baca Siswa di Kota Surabaya. Program Studi S3 Teknologi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. dan Ko Promotor: Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Kata-kata kunci: minat baca, kemampuan baca, reading text level, SNI.
Perpustakaan sekolah mempunyai tujuan yang sangat penting, tetapi saat ini fungsi untuk mencapai tujuan tersebut kurang sesuai dengan realisasinya. Kebanyakan perpustakaan sekolah juga tidak berjalan seperti fungsi dan tujuan perpustakaan karena perpustakaan sekolah tidak mempunyai pustakawan dan jumlah koleksi juga kurang dari standar minimal. Kondisi tersebut diketahui tidak mengindahkan Standar Perpustakaan Sekolah sesuai SNI Nomor 7329 tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan model pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa di Kota Surabaya, serta mengukur efektivitas model pemanfaatan perpustakaan sekolah tersebut, sehingga diharapkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat bagi pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan sinergi pada semua instansi terkait dalam rangka meningkatkan minat dan kemampuan baca secara masif. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development sesuai teori Borg and Gall. Obyek penelitian adalah Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bubutan IV Surabaya, dengan responden penelitian adalah seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan model pemanfaatan perpustakaan dikembangkan melalui beberapa tahapan, yang draft awalnya disusun menyesuaikan SNI Nomor 7329/2009 dan Program 6S, implementasi, dan evaluasi. Model pemanfaatan perpustakaan sekolah yang telah dirancang sudah layak, karena memenuhi unsur kelayakan model, unsur komponen model, dan unsur format model. Minat baca dan kemampuan baca siswa setelah implementasi menunjukkan rata-rata skor yang lebih baik. Dengan demikian, model pemanfaatan perpustakaan sekolah terbukti layak dalam meningkatkan minat dan kemampuan baca siswa.
ABSTRACT
Arini Pakistyaningsih. 2019. Model Development of School Library to Increase Student Reading Interest in Surabaya. Study Program of Educational Technology, Postgraduate of Surabaya State University. Promoter: Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd. and Kopromotor: Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd.
Keywords: reading interest, reading skills, reading text level, SNI.
School libraries have very important objectives, but now the function to achieve these objectives is not in accordance with their realization. Most school libraries also do not work like the function and purpose of the library because the school library does not have librarians, but their own teachers maintain the library. Such conditions are not in accordance with the School Library Standards according to SNI Number 7329 of 2009. This study aims to determine the feasibility of the used model of school libraries to increase students' reading interest and reading skills in Surabaya, as well as measuring the effectiveness of the school library model. This study uses a research and development approach in accordance with the theory of Borg and Gall. The research objects were Elementary School of Bubutan IV, Surabaya, with the research respondents being all students. Based on the analysis and discussion of the study results, shows the library model was developed through several stages, the first draft of which was prepared adapt from SNI Number 7329/2009, 6S programs, implementation, and evaluation. The results also show that the school library model is feasible, because it fulfills the element of model feasibility, component, and format. Reading interest and students' reading ability after implementation shows a better average score. Threrefore, the school library model proved to be feasible to increase reading intertest and reading skills.