TINGKAT KESADARAN REMAJA SIDOARJO TENTANG CYBERBULLYING
SIDOARJO ADOLESCENT'S AWARENESS LEVELS ABOUT CYBERBULLYING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran remaja Sidoarjo tentang cyberbullying. Penelitian ini menggunakan teori Gestalt. Teori Gestalt ini didirikan oleh Max Wertheimer, bersama Wolfgang Kohler, Kurt Koffka, yang kemudian dikembangkan oleh Jean Piaget bahwa persepsi akan suatu objek atau peristiwa bukan merupakan hanya mengenai faktor-faktor yang terpisah saja, melainkan harus secara keseluruhan atau sebagai suatu kesatuan yang utuh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sampling kuota sebanyak 98 responden yang didapat dari empat SMA yang ada di Sidoarjo. Penelitian ini mengungkapkan bahwa remaja Sidoarjo memiliki tingkat kesadaran yang sangat tinggi tentang cyberbullying dengan presentase sebesar 87,8%. Berdasarkan hasil angket pada ketiga indikator kesadaran remaja Sidoarjo tentang cyberbullying menunjukkan hasil dengan rincian sebagai berikut: (1) penginderaan sebesar 77,2% dalam kategori sangat tinggi; (2) pemahaman sebesar 88,6% dalam kategori sangat tinggi; (3) pengertian sebesar 95,6% dalam kategori sangat tinggi.
Kata Kunci: Kesadaran, Remaja, Cyberbullying.
This study aims to determine the level of awareness of cyberbullying among Sidoarjo teenagers. Gestalt theory was founded by Max Wertheimer, together with Wolfgang Kohler, Kurt Koffka, which was later developed by Jean Piaget that the perception of an object or event is not only about separate factors, but must be as a whole or as a unified whole. The method used is a descriptive quantitative research method. Data collection techniques using a questionnaire. The data collection technique used a quota sampling technique as many as 98 respondents obtained from four high schools in Sidoarjo. This research reveals that Sidoarjo teenagers have a very good level of awareness about cyberbullying. This study reveals that Sidoarjo teenagers have a very high level of awareness about cyberbullying with a percentage of 87.8%.. Based on the results of the questionnaire on the three indicators of awareness of Sidoarjo teenagers about cyberbullying, the results showed the following details: (1) sensing of 77.2% in the very high category; (2) understanding of 88.6% in the very high category; (3) definition of 95.6% in the category of very high.
Keywords: Awareness, Teenagers, Cyberbullying