ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penguasaan materi mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika masih sangat kurang bagi sebagian besar siswa SMK KAL 1 Surabaya. Siswa menganggap mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan serta keterbatasan jam pelajaran, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa masih di bawah KKM pada saat sebelum diberikan remedial. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berbasis Delphi dan PPT dengan materi Dasar Listrik dan Elektronika. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yaitu mengetahui hasil belajar siswa, dan interaksi media pembelajaran dan tingkat kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol dibelajarkan menggunakan media pembelajaran Power Point dan kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis Delphi . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas dari Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video kelas X, SMK KAL 1 Surabaya. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, serta angket kemandirian belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, silabus, LKPD, media pembelajaran Delphi, media pembelajaran PPT, dan lembar penilaian (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor) yang valid dan reliabel.
Penelitian ini menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis Delphi ranah kognitif= 79,52 ; ranah afektif=80,29; ranah psikomotor=80,26) lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran Power Point (ranah kognitif= 73; ranah afektif=73,22; ranah psikomotor=74,80 ) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK KAL 1 Surabaya; (2) Hasil belajar bagi siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi (ranah kognitif= 78,17; ranah afektif=78,77; ranah psikomotor=78,80) lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar bagi siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah (ranah kognitif= 74,35; ranah afektif=74,73; ranah psikomotor=76,26) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK KAL 1 Surabaya; dan (3) Terdapat interaksi secara signifikan antara penggunaan media pembelajaran (Delphi dan PPT) dan tingkat kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa (ranah kognitif, afektif, dan psikomotor) pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK KAL 1 Surabaya.
Kata Kunci : Media pembelajaran berbasis delphi, hasil belajar, dan kemandirian belajar siswa.
ABSTRACT
This study shows: (1) Student learning outcomes using cognitive-based Delphi-based learning media = 79.52; affective domain = 80.29; psychomotor domain = 80.26) significantly higher than learning outcomes for students who use Point Power learning media (cognitive domain = 73; affective domain = 73.22; psychomotor domain = 74.80) in Basic Electrical and Electronics subjects in KAL 1 SMK Surabaya; (2) Learning outcomes for students who have a high level of learning independence (cognitive domain = 78.17; affective domain = 78.77; psychomotor domain = 78.80) are significantly higher than learning outcomes for students who have a low level of learning independence (cognitive domain = 74.35; affective domain = 74.73; psychomotor domain = 76.26) in Basic Electrical and Electronics subjects at KAL 1 Vocational School Surabaya; and (3) There is a significant interaction between the use of learning media (Delphi and PPT) and the level of student learning independence towards student learning outcomes (cognitive, affective, and psychomotor) in the Basic Electrical and Electronics subjects at KAL 1 Surabaya Vocational High School.
This study used a factorial 2x2 design method, which consisted of two classes namely the experimental class and the control class. The control class is taught using Power Point learning media and the experimental class is taught using Delphi-based learning media. The sample used in this study were two classes of Audio Video Engineering Skill Competency class X, KAL 1 Vocational High School Surabaya. The instruments used consisted of instruments of learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor domains, as well as learning independence questionnaires. This study produced learning tools which included RPP, syllabus, student worksheet, Delphi learning media, PPT learning media, and valid and reliable assessment sheets (cognitive, affective, and psychomotor domains).
This research is motivated by the mastery of the subject matter of Electricity and Electronics subject matter is still very lacking for most students of KAL 1 Vocational High School Surabaya. Students consider Basic Electricity and Electronics subjects to be difficult and tedious subjects as well as limited hours of study, which can be seen from the learning outcomes of students still under the KKM before being given remedial. This study uses learning media based on Delphi with Basic Electricity and Electronics material. The objectives to be achieved from this study, namely knowing student learning outcomes, and the interaction of learning media and the level of independence of learning on student learning outcomes.
Keywords : Delphi based learning media, learning outcomes, and student learning independence.