The influence of Interpersonal communication between lecturers and students of students academic achievement in Education Management Department of Faculty of Education in Surabaya State University
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 319 mahasiswa dan jumlah sampel penelitia sebanyak 177 responden. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016, 2017, 2018, dan 2019 di Jurusan Manajemen Pendidikan. Teknik pengumpulan data berupa angket / google form dengan menggunakan skala likert. Sedangkana pada analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan menggunakan program SPSS versi 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pada variabel komunikasi interpersonal (X) nilai signifikansi 0,034 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan prestasi akademik di Jurusan Manajemen Pendidikan ; (2) komunikasi interpersonal memiliki pengaruh yang signifikan dan bersifat positif terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,159 ; (3) pengaruh komunikasi interpersonal memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,025 dapat diartikan bahwa komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 2,5 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Dosen dan Mahasiswa, Prestasi Akademik.
This research aims to determine the influence of interpersonal communication between lecturers and students on student academic achievement in the Department of Education Management, Faculty of Education, State University of Surabaya. This research uses a quantitative approach with a population of 319 students and a total sample of 177 respondents. Respondents in this study were students from 2016, 2017, 2018, and 2019 in the Department of Education Management. Data collection techniques in the form of a questionnaire / google form using a Likert scale. While in the analysis of data in this study using a simple regression test and hypothesis testing. The data obtained is then processed using the SPSS program version 22.0 for windows. The results showed that: (1) the interpersonal communication variable (X) significance value of 0.034 <0.05 so that H0 rejected and H1 accepted, meaning that there was a significant influence between interpersonal communication and academic achievement in the Department of Education Management; (2) interpersonal communication has a significant and positive effect on student academic achievement of 0.159; (3) the effect of interpersonal communication has a coefficient of determination of 0.025 can be interpreted that interpersonal communication affects the academic achievement of students by 2.5% while the rest is influenced by other variables not explained in this study.
Keywords: Interpersonal communication, lecturers and students, academic achievement