DIGITAL SIMULATION REMOTE SENSING AND IMAGE INTERPRETING FOR STUDENTS CLASS X IPS IN SMAN 19 SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media berupa Simulasi Digital yang layak digunakan siswa pada materi Pengindraan Jauh dan Interpretasi Citra. Problematika yang ditemukan saat observasi yakni adanya kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi yang tergolong baru serta media pembelajaran yang terbatas. Metode penyampaian materi oleh guru yang dilakukan secara verbal memicu siswa menjadi malas dan bosan saat belajar sehingga mengakibatkan daya serap belajar menurun. Karakteristik materi Pengindraan Jauh dan Interpretasi Citra lebih dominan pada aspek visual dan metode simulasi agar siswa mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Melalui tahap analisis kebutuhan, peneliti mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk Simulasi Digital yang berbasis mobile sebagai sumber belajar dan solusi altrenatif dalam menyelesaikan permasalahan belajar siswa. Proses pembuatan media Simulasi Digital menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Development, Evaluate) dikarenakan setiap tahapannya terdapat evaluasi sehingga menghasilkan produk media yang layak dan tepat untuk siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket untuk mengetahui tingkat ketepatan dan kelayakan media yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media dinyatakan bahwa media yang dikembangkan masuk kategori baik sekali dan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
This research aims to produce a media product in the form a digital simulation that is suitable for students to use on Remote Sensing and Image Interpretation materials. The problem that was found during the observation was the difficulties experienced by students in understanding the relatively new material and limited learning media. The method of delivering material by the teacher which is carried out verbally triggers students to become lazy and bored while learning, resulting in decreased student absorption. The characteristics of the material for Remote Sensing and Image Interpretation are more dominant in the visual aspect and simulation methods so that students can easily understand the material being taught. Through the needs analysis stage, researchers develop learning media in the form of mobile based digital simulations as learning sources and alternative solutions in solving student learning problems. The process of making Digital Simulation media uses the DDD-E development model (Decide, Design, Development, Evaluate) because at each stage has an evaluation so as to produce media products that are feasible and appropriate for students. The research data collection was carried out by distributing questionnaires to determine the level of accuracy and feasibility of the media being developed. Based on the results of data analysis obtained from material experts and media experts, it is stated that the media developed is in the very good category and is suitable for use to assist the learning process.