KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK SINGKAT BERFOKUS SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA YANG MEMILIKI PROKRASTINASI AKADEMIK TINGGI
THE EFFECTIVENESS OF SOLUTION-FOCUSED BRIEF GROUP COUNSELING TO INCREASE THE ACHIEVEMENT MOTIVATION OF STUDENTS WITH HIGH ACADEMIC PROCRASTINATION
Perilaku prokrastinasi yang ditunjukkan oleh peserta didik dapat berpengaruh terhadap motivasi yang dimiliki. Kebiasaan menunda-nunda tugas akademik, menjadikan semangat dan motivasi peserta didik menurun, padahal motivasi berprestasi memiliki peran penting dalam pencapaian prestasi belajar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah intervensi yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi. Solution-Focused Brief Counseling merupakan sebuah pendekatan yang menekankan pada potensi dan kekuatan konseli yang berfokus pada masa depan dan berorientasi pada tujuan. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan konseling kelompok singkat berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik dengan tingkat prokrastinasi akademik tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain true experimental dan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan mengumpulkan dan menganalisa data menggunakan instrumen berupa skala prokrastinasi akademik dan motivasi berprestasi. Skala prokrastinasi dan motivasi berprestasi digunakan untuk menentukan subjek penelitian. Analisa data penelitian ini diuji menggunakan uji Mann-Whitney dan uji N-Gain. Hasil penelitian setelah dilakukan uji Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan distribusi skor pada kelompok eksperimen lebih besar secara statistik dibandingkan kelompok kontrol sesudah pemberian layanan solution-focused brief group counseling dan diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,003<0,05 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara pemberian layanan solution-focused brief group counseling pada kelompok eksperimen dan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan realita pada kelompok kontrol untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan solution-focused brief group counseling efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa yang memiliki tingkat prokrastinasi akademik tinggi.
Kata kunci : Prokrastinasi akademik, motivasi berprestasi, konseling kelompok singkat berfokus solusi
Procrastination behavior shown by students can influence their motivation. The habit of postponing academic assignments causes students' enthusiasm and motivation to decrease, even though achievement motivation has an important role in achieving learning achievement. Therefore, an intervention is needed that can increase achievement motivation. Solution-Focused Brief Counseling is an approach that emphasizes the potential and strengths of clients who focus on the future and are goal-oriented. The aim of this research is to test the effectiveness of solution-focused brief group counseling to increase the achievement motivation of students with high levels of academic procrastination. This research uses a type of experimental research with a true experimental design and uses a pretest-posttest control group design. The research method used is a quantitative method by collecting and analyzing data using instruments in the form of academic procrastination scales and achievement motivation. The procrastination scale and achievement motivation were used to determine research subjects. Analysis of this research data was tested using the Mann-Whitney test and the N-Gain test. The results of the research after carrying out the Mann-Whitney test showed that the difference in score distribution in the experimental group was statistically greater than that in the control group after providing solution-focused brief group counseling services and obtained a sig (2-tailed) value of 0.003<0.05 which shows that There is a significant difference in effectiveness between the provision of solution-focused brief group counseling services in the experimental group and the provision of reality approach group counseling services in the control group to increase the achievement motivation of students who have a high level of academic procrastination, so it can be concluded that the solution-focused brief group counseling service effective in increasing the achievement motivation of students who have a high level of academic procrastination.
Keywords : Academic procrastination, achievement motivation, solution-focused brief group counseling