Perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi dan internet berkembang sangat pesat. Hal ini Sejalan dengan perubahan kebutuhan masyarakat akan jasa layanan internet. Kenaikan pengguna internet dari tahun ke tahun menandakan bahwa internet sudah menjadi tren gaya hidup dan menjadi kebutuhan sehari-hari untuk mendukung aktivitas masyarakat. Hal ini berdampak pada meningkatnya berbagai perusahaan yang menyediakan layanan internet (Internet Service Provider). Perusahaan pertama Internet Service Provider di Indonesia yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia yang berbasis BUMN dengan nama produk Indihome, lalu diikuti dengan perusawaan swasta yaitu Firstmedia dan Biznet. Sejak tahun 2016 hingga 2018 Indihome selalu menempati urutan teratas Top Brand Index dalam ketegori Internet Service Provider di Indonesia. Walaupun demikian banyak konsumen yang merasakan ketidakpuasan dan ingin berpindah merek, karena semakin banyak perusahaan swasta pesaing Indihome di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen dan pencarian variasi terhadap niat berpindah merek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgemental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket online melalui google forms. Analisis statistik yang digunakan adalah dengan menggunakan SPSS versi 23.0. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketidakpuasan dan pencarian variasi berpengaruh terhadap niat berpindah merek.
Kata Kunci : Ketidakpuasan, pencarian variasi, niat berpindah merek.
Technological developments in the field of telecommunications and the internet are growing very rapidly. This is in line with the changing needs of the community for internet services. The increase in internet users from year to year indicates that the internet has become a lifestyle and becomes a daily necessity to support community activities. This has an impact on the increasing number of companies that provide internet services (Internet Service Providers). The first company Internet Service Provider in Indonesia, PT. Indonesian Telecommunications based on BUMN with the name Indihome product, then followed by private companies namely Firstmedia and Biznet. Since 2016 until 2018 Indihome always ranks at the top of the Top Brand Index in the category of Internet Service Providers in Indonesia. Even so, many consumers feel dissatisfied and want to change brands, because more and more private companies are competitors in Indihome in Indonesia. This study aims to determine the effect of consumer dissatisfaction and the search for variations in the intention to change brands.
The sampling technique used in this study is judgmental sampling. Data collection is done by distributing questionnaires online through google forms. The statistical analysis used is using SPSS version 23.0. Data analysis techniques in this study using the classic assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing.
The results of this study indicate that dissatisfaction and search for variation affect the intention to change brands.
Keywords: Dissatisfaction, intention to change brands, variety seeking.