Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif yang Dimediasi oleh Literasi Ekonomi
Perilaku konsumsi mahasiswa terhadap fashion dan grocery item sangat rentan mengarah pada timbulnya perilaku konsumtif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah perilaku konsumtif dari mahasiswa timbul sebagai akibat dari lingkungan keluarga maupun teman sebaya mereka, serta adakah pengaruh literasi ekonomi yang berdampak terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, yang dianalisis menggunakan SEM melalui aplikasi WarpPLS. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Surabaya yang berjumlah 310 mahasiswa, kemudian diperoleh sampel 169 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan keluarga dan teman sebaya secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien jalur masing-masing sebesar 0.248 dan 0.460, (2) literasi ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien jalur sebesar -0.148, (3) lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi ekonomi dengan koefisien jalur -0.037, (4) teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap literasi ekonomi dengan koefisien jalur sebesar -0.204, (5) literasi ekonomi bukan variabel yang mampu memediasi lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumtif serta teman sebaya terhadap perilaku konsumtif dengan koefisien jalur masing-masing sebesar 0.005 dan 0.030.
Student consumption behavior towards fashion and grocery items are very vulnerable in bringing about consumptive behavior. This study was conducted to determine whether the consumptive behavior of students arises as a result of their family and peers' environment, and there is an effect of economic literacy that has on consumptive behavior. This research is explanatory research with a quantitative approach, which is analyzed using SEM through the WarpPLS application. The study population was all active students of the Department of Economic Education in the 2016 State University of Surabaya totaling 310 students, then a sample of 169 students was obtained. The results showed that: (1) family and peer environment partially had positive and significant influences on consumptive behavior with path coefficients of 0.248 and 0.460, respectively, (2) economic literacy had a negative and significant effect on consumptive behavior with path coefficients of - 0.148, (3) family environment has no significant effect on economic literacy with path coefficients of -0.037, (4) peers have a negative and significant effect on economic literacy with path coefficients of -0.204, (5) economic literacy is not a variable that is able to mediate the family environment against consumptive behavior and peers towards consumptive behavior with path coefficients of 0.005 and 0.030, respectively.