Pengembangan Media Lift the Flap Book Terhadap Pemahaman Mitigasi Bencana Banjir
Development of Media Lift the Flap Book on Understanding Flood Disaster Mitigation in Children Aged 5-6 Years
Banjir adalah bencana yang rawan terjadi di Kecamatan Nganjuk. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada lembaga PAUD di Kecamatan Nganjuk, pembelajaran mitigasi bencana telah terintegrasi ke dalam kurikulum namun untuk mitigasi bencana banjir belum diterapkan. Hal ini dikarenakan kurangnya media pembelajaran di sekolah serta guru mengalami kesulitan dan kebingungan untuk memilih media yang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran mitigasi bencana banjir. Penelitian ini mengembangkan media lift the flap book sebagai alternatif yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman anak usia 5-6 tahun tentang mitigasi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil validasi menunjukkan bahwa media lift the flap book sangat layak digunakan dengan penilaian dari ahli materi sebesar 84,09% dan ahli media sebesar 95,45%. Hasil kepraktisan menunjukkan bahwa media lift the flap book sangat praktis dengan penilaian oleh guru responden sebesar 90%. Dan hasil uji Wilcoxon menunjukkan efektivitas media ini dalam uji coba lapangan operasional dengan nilai <0,001 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari media lift the flap book terhadap pemahaman mitigasi bencana banjir pada anak usia 5-6 tahun.
Flooding is a disaster that is prone to occur in Nganjuk. Based on observations and interviews at PAUD institutions in Nganjuk Sub-district, disaster mitigation learning has been integrated into the curriculum but flood disaster mitigation has not been implemented. This is due to the lack of learning media in schools and teachers have difficulty and confusion to choose suitable media. This research aims to overcome the obstacles in learning flood disaster mitigation. This research develops lift the flap book media as an innovative alternative to increase the understanding of children aged 5-6 years about flood disaster mitigation. This research uses the ADDIE development model. The validation results show that the media lift the flap book is very feasible to use with an assessment from material experts of 84.09% and media experts of 95.45%. The practicality results show that the media lift the flap book is very practical with an assessment by the teacher respondent of 90%. And the results of the Wilcoxon test show the effectiveness of this media in operational field trials with a value of <0.001, which means that there is a significant effect of the lift the flap book media on understanding flood disaster mitigation in children aged 5-6 years.