Pengembangan Buku Berjenjang Teks Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SMP/ MTs
The Development Of A Tiered Text Short Story Book to Enhance The Reading Ability Of SMP/ MTs Students
Penelitian ini membahas tentang pengembangan buku berjenjang teks cerpen untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa SMP/ Mts. Pengembangan dan penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca peserta didik yang masih rendah. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Data penelitian berupa deskripsi pengembangan buku berjenjang dan hasil keterbacaan buku berjenjang sesuai dengan jenjang SMP/ Mts yaitu kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada pendidik di MTs Plus Himmatun Ayat dan teknik validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis hasil wawancara pendidik, analisis hasil validasi dari para ahli, dan hasil analisis keterbacaan formula grafik fry.
Hasil penelitian pengembangan buku berjenjang menunjukkan bahwa kualitas buku berjenjang mendapat predikat “baik/ layak” sesuai dengan aspek kevalidan, validasi buku berjenjang berdasarkan grafika mendapat hasil dengan persentase 84,4% dengan predikat “sangat baik”. Validasi buku berjenjang berdasarkan isi/ bahasa mendapat hasil dengan persentase 76,92% dengan predikat “baik”. Berdasarkan kedua kevalidan tersebut, maka kevalidan buku berjenjang secara keseluruhan adalah 77% dengan predikat “baik”.
Hasil keterbacaan buku berjenjang sesuai dengan formula grafik fry menunjukkan buku berjenjang E pada bagian tengah dan akhir sesuai untuk kelas 6,7, dan 8, buku berjenjang F pada akhir sesuai untuk kelas 6,7, dan 8, dan buku berjenjang G pada tengah dan akhir sesuai untuk kelas 6, 7, dan 8. Hasil keterbacaan buku berjenjang E, F, dan G menunjukkan bahwa buku berjenjang bisa digunakan untuk peserta didik kelas VIII SMP/ Mts sesuai dengan penelitian.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Berjenjang, dan Teks Cerpen
This study discusses the development of a short story level text book to improve reading ability of junior high school students. The development and research carried out is motivated by the students' low reading ability. Research conducted using the type of research and development of the Borg and Gall model. The research data in the form of a description of the development of tiered books and the results of the reading of tiered books in accordance with the level of SMP/ Mts namely class VIII. Data collection techniques using interview techniques conducted to educators in MTs Plus Himmatun Ayat and validation techniques. The data analysis technique uses analysis of the results of educator interviews, analysis of the results of validation from experts, and the results of the analysis of the fry graph formula readability.
The results of the development of tiered books show that the quality of tiered books gets the title "good / decent" according to the validity aspect, the tiered book validation based on graphics gets results with a percentage of 84.4% with the predicate "very good". Tiered book validation based on content / language gets a percentage of 76.92% with the title "good". Based on the two validations, the validity of tiered books as a whole is 77% with the title "good".
The results of the reading of the tiered books in accordance with the fry chart formula show the tiered books E in the middle and end according to grades 6,7 and 8, the tiered books F at the end are suitable for grades 6,7, and 8, and the tiered books G in the middle and the final is suitable for grades 6, 7, and 8. The results of the reading of the tiered books E, F, and G indicate that the tiered book can be used for grade VIII students of SMP/ Mts in accordance with the research.
Keywords: Development, A Tiered Book, and Text Short Story.