EFEKTIVITAS STRATEGI COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI SMAN 12 SURABAYA
THE EFFECTIVENESS OF COGNITIVE RESTRUCTURING STRATEGIES IN GROUP COUNSELING TO INCREASE STUDENTS' CONFIDENCE IN EXPRESSING OPINIONS AT SMAN 12 SURABAYA
Masa remaja menjadi masa perkembangan individu dalam mencapai kematangan mental, emosional, sosial, fisik, dan pola pikir serta identik dengan proses pencarian identitas diri. Penolakan selama proses pencarian identitas diri memicu rendahnya kepercayaan diri. Strategi cognitive restructuring merupakan intervensi untuk meningkatkan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas strategi cognitive restructuring dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa mengemukakan pendapat. Jenis penelitian menggunakan pre-eksperimental desain one group pre-test post-test. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non-parametrik melalui uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan strategi cognitive restructuring dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa mengemukakan pendapat dibuktikan dari nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,018 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan monitoring lebih lanjut setelah intervensi diberikan agar perubahan yang terjadi pada siswa bisa diketahui lebih spesifik.
Kata kunci: remaja, rendahnya kepercayaan diri, strategi cognitive restructuring, konseling kelompok
Adolescence is a period of individual development in achieving mental, emotional, social, physical and thought pattern maturity and is synonymous with the process of searching for self-identity. Rejection during the process of searching for self-identity triggers low self-confidence. The cognitive restructuring strategy is an intervention to increase self-confidence. The aim of this research is to determine the effectiveness of cognitive restructuring strategies in group counseling to increase students' self-confidence in expressing opinions. This type of research uses a pre-experimental one group pre-test post-test design. The data analysis technique uses non-parametric statistical tests via the Wilcoxon test. The research results show that the cognitive restructuring strategy in group counseling is effective in increasing students' self-confidence in expressing opinions as evidenced by the Asymp score. Sig. (2-Tailed) is 0.018 < 0.05 H0 is rejected and Ha is accepted. Suggestions for further research are expected to be able to carry out further monitoring after the intervention is given so that the changes that occur in students can be known more specifically.
Keywords: adolescents, low self-confidence, cognitive restructuring strategies, group counseling