Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada sub materi tekanan zat cair. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre experimental design dengan menggunakan satu kelas sebagai penelitian yaitu kelas eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan angket. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan keterampilan komunikasi siswa setelah menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dengan skor N-Gain sebesar 0,7 dalam kategori tinggi. Persentase rata-rata respon siswa terhadap keterlaksanaan model pembelajaran Argument Driven Inquiry mendapatkan respon positif dengan mendapatkan persentase hasil rata-rata sebesar 96%.
Kata kunci : Model pembelajaran Argument Driven Inquiry, Keterampilan komunikasi.
This research aims to describe the application of Argument Driven Inquiry learning model to improving communication skills in liquid pressure sub materials. The type of this research is used pre-experimental design and using one class that is experimental class.The design of this research is used one group pre-test post-test design. Data collection techniques in this research is include by observation, tests and questionnaires.Based on this research, it was found that there was an increase in students' communication skills after using the Argument Driven Inquiry learning model with an N-Gain score of 0.7 in “high category”.The average of student responses to the implementation of the Argument Driven Inquiry learning model received a positive response by getting an average 96%.
Keywords: Argument Driven Inquiry Learning Model, Communication Skills.