PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KARIER UNTUK PESERTA DIDIK SMA BERDASARKAN TEORI TRAIT AND FACTOR
DEVELOPMENT OF CAREER GUIDEBOOK FOR HIGH SCHOOL STUDENTS BASED ON TRAIT AND FACTOR THEORY
Tujuan umum pelitian ini adalah untuk mengembangkan produk buku panduan bimbingan karier untuk peserta didik SMA berdasarkan teori trait and factor. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk mengumpulkan data empiris guna menguji kelayakan dan keefektifan. Produk dikatakan layak apabila isinya sesuai dengan kerangka kerja konseptual, menarik dilihat dari aspek media, bahasa yang digunakan bersifat sederhana dan komunikatif, dan mudah bila digunakan oleh calon pengguna produk. Sedangkan keefektifan merujuk pada kemampuan produk untuk menimbulkan perubahan positif yang diinginkan bila digunakan untuk tujuan dan dalam latar (setting) yang sesungguhnya.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan bahan pembelajaran dari (Dick and Carey, 2015). Berdasarkan pada rancangan ini, maka pengembangan dilaksanakan melalui dua tahapan, yakni: evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif bertujuan menguji kelayakan produk, sedangkan evaluasi sumatif bertujuan menguji keefektifan produk. Evaluasi formatif berisikan empat tahapan, yakni: review ahli, penilaian individual, penilaian pada kelompok kecil, dan penilaian lapangan. Pada tahap review ahli, ada tiga ahli yang diminta untuk memberikan penilaian terhadap kelayakan produk, yakni ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Tujuan tahap penilaian individual adalah untuk memperoleh masukan dan membuat perbaikan berkenaan dengan kesederhanaan dan kekomunikatifan bahasa penyampai pesan. Tahap ini melibatkan dua orang guru bimbingan dan konseling sebagai subyek penilai. Tujuan tahap penilaian kelompok kecil sama dengan tujuan pada tahap penilaian individual, namun melibatkan lebih banyak guru bimbingan dan konseling sebagai penilai, yakni lima orang. Tujuan dari tahap penilaian lapangan adalah untuk memperoleh masukan terkait kepraktisan atau kemudahan produk bila digunakan untuk tujuan dan pada lingkungan yang sesungguhnya. Subjek yang dilibatkan adalah guru BK dan peserta didik kelas XI di SMAN 2 Pamekasan, SMAN 3 Pamekasan, dan SMAN 5 Pamekasan. Hasil data terkait keefektifan produk pada tahapan evaluasi sumatif, digunakan rancangan kuasi eksperimen satu kelompok, yakni one group pretest-pottest. Data hasil eksperimentasi dianalisis secara statistik dengan rumus uji t sampel berpasangan (paired-sample t-test).
Setelah dilakukan beberapa kali revisi produk berdasarkan masukan subjek pada uji evaluasi formatif maka diperoleh hasil akhir sebagai berikut: hasil validasi ahli materi menunjukkan kategori sangat layak, validasi ahli media menunjukkan hasil kategori sangat layak, dan validasi ahli bahasa menunjukkan hasil kategori sangat layak; hasil penilaian pengguna terdiri dari penilaian individu menunjukkan hasil kategori sangat layak; hasil penilaian kelompok kecil menunjukkan kategori sangat layak; hasil penilaian lapangan membuktikan bahwa produk dapat digunakan dengan mudah oleh khalayak sasaran pada setting yang sesungguhnya.
Hasil pengujian keefektifan pada evaluasi sumatif melalui rumus uji t sampel berpasangan ditemukan bahwa produk buku panduan yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil analisis yang menyatakan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membuat keputusan karier secara realistis pada subjek setelah produk diterapkan.
Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa buku panduan bimbingan karier berdasarkan teori trait and factor layak digunakan dan efektif untuk dijadikan panduan bagi guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan karier pada peserta didik.
The general objective of this research is to develop a career guidance guide book product for high school students based on trait and factor theory. While the specific purpose is to collect empirical data to test the feasibility and effectiveness. The product is said to be feasible if the content is in accordance with the conceptual framework, attractive from the media aspect, the language used is simple and communicative, and easy to use by potential product users. While effectiveness refers to the ability of the product to cause the desired positive changes when used for the intended purpose and in the actual setting.
This research was carried out using a research design and development of learning materials from (Dick and Carey, 2015). Based on this design, the development was carried out in two stages, namely: formative evaluation and summative evaluation. Formative evaluation aims to test the feasibility of the product, while the summative evaluation aims to test the effectiveness of the product. Formative evaluation consists of four stages, namely: expert review, individual assessment, small group assessment, and field assessment. At the expert review stage, there are three experts who are asked to provide an assessment of the feasibility of the product, namely a material expert, a linguist, and a media expert. The purpose of the individual assessment stage is to obtain input and make improvements regarding the simplicity and communicativeness of the messenger's language. This stage involves two guidance and counseling teachers as assessors. The purpose of the small group assessment stage is the same as that of the individual assessment stage, but involves more guidance and counseling teachers as assessors, namely five people. The purpose of the field assessment stage is to obtain input regarding the practicality or convenience of the product when it is used for its intended purpose and in a real environment. The subjects involved were BK teachers and class XI students at SMAN 2 Pamekasan, SMAN 3 Pamekasan, and SMAN 5 Pamekasan. The results of the data related to the effectiveness of the product at the summative evaluation stage, used a one-group quasi-experimental design, namely one group pretest-pottest. The experimental data were analyzed statistically using the paired-sample t-test formula.
After several product revisions were made based on the subject's input in the formative evaluation test, the final results were obtained as follows: the results of the material expert validation showed a very feasible category, the media expert validation showed the very feasible category results, and the linguist validation showed the very feasible category; the results of the user assessment consist of individual ratings showing the results of the category are very feasible; the results of the small group assessment show a very feasible category; the results of the field assessment prove that the product can be used easily by the target audience in the real setting.
The results of the effectiveness test on the summative evaluation through the paired sample t test formula found that the developed guidebook product was effective to use. This is evidenced by the results of the analysis which states that there is a significant increase in the ability to make realistic career decisions on the subject after the product is applied.
Based on these data, it can be concluded that the career guidance guide book based on trait and factor theory is feasible and effective to be used as a guide for BK teachers in implementing career guidance services to students.