REDESAIN SIGN SYSTEM SD KYAI IBRAHIM SURABAYA
REDESIGNING THE SIGN SYSTEM FOR KYAI IBRAHIM ELEMNTARY SCHOOL, SURABAYA
Dalam penyampaian informasi pada masa kini, peran sign system cukup penting karena dapat memberikan arah atau informasi dan menambah kesan estetik pada lingkungan. Sign system dapat menciptakan public image yang mudah untuk dikenali serta unik sehingga dapat bertahan dalam memori dalam jangka waktu yang lama. SD Kyai Ibrahim adalah sekolah islam swasta yang berdiri di Siwalankerto, Wonocolo, kota Surabaya. Sekolah tersebut telah memiliki sign system namun belum terpasang di semua ruangan dan di lokasi yang strategis, serta signage yang telah terpasang tidak memiliki ciri desain yang konsisten dan khas sehingga tidak mudah diingat oleh pengunjung atau audiens yang melihat. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan desain sign system yang simpel, memiliki desain yang konsisten dan memiliki ciri khas yang merujuk pada ornamen islam berpola geometris sehingga dapat menampilkan ciri khas sekolah islam dan mudah diingat serta dikenali sekaligus memudahkan para pengunjung dalam mencari tempat yang ingin dituju. Perancangan redesain sign system ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang merujuk pada teori perancangan milik David Gibson tentang perancangan wayfinding dan signage. Hasil perancangan berupa desain signage penunjuk arah dan desain sign system penanda tempat yang dapat diterapkan dengan harapan dapat memudahkan pengunjung mencari tujuan serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap eksistensi lembaga tersebut.
In delivering information today, the role of sign system is quite important because it can provide direction or information and to add aesthetic impression to the environment. Sign systems can create a public image that is easily recognized and unique so that they can remain in memory for long periods of time. Kyai Ibrahim Elemetary School is a private school located in Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya city. The school already has a sign system installed but it has not been installed in all rooms and in strategic locations, also the installed signage does not have consistent and distinctive design features so it is not easy for visitors or viewers to remember. The purpose of this design is to produce a sign system design that is simple, has a consistent design and has distinctive features that refer to geometric patterned Islamic ornaments so that it can display the characteristics of an Islamic school and is easy to remember and recognized while making it easier for visitors to find the destination. The redesign of this sign system will use descriptive qualitative research methods that refer to David Gibson's design theory regarding wayfinding and signage design. The design results are in the form of a wayfinding signage design and a placemark sign system design that can be applied in the hope that it can make it easier for visitors to find destinations and can increase public awareness of the existence of the institution.