Salah satu usaha bisnis kuliner yang berkembang di Surabaya adalah lapis kukus pahlawan, sebagai salah satu UKM yang sama-sama membangun kondisi ekonomi Indonesia yang lebih baik, dan mampu bersaing dengan produk-produk asing, juga menjadi ciri khas yang dibanggakan dan dicintai oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling dengan jumlah 90 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dianalisis dengan analisis regresi linier. Hasil pada penelitian ini menunjukkann bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 5,821. Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 3,935. Varibel kualitas produk (X1), dan harga (X2) berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,628 atau 62,8%.Kesimpulan, kualitas produk dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Lapis Kukus Pahlawan Surabaya.
Kata Kunci: Kualitas produk, harga dan keputusan pembelian.
One of the culinary business ventures that developed in Lapis Kukus Pahlawan Surabaya, as one of the SMEs that together builds better economic conditions in Indonesia, and is able to compete with foreign products, also a characteristic that is proud and loved by the community. This study aims to determine the effect of Product Quality and Price on Purchasing Decisions on Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. The type of research used is quantitative research. The sampling technique uses accidental sampling techniques with a total of 90 respondents. The research instrument used was a questionnaire and analyzed by linear regression analysis. The results of this study indicate that product quality (X1) has a significant effect on purchasing decisions of 5.821. Price (X2) has a significant effect on purchasing decisions of 3,935. Product quality variable (X1), and price (X2) influence the purchasing decision. This can be seen from the value of Adjusted R Square of 0.628 or 62.8%. Conclusion, product quality and price partially have a significant effect on purchasing decisions on Lapis Kukus Pahlawan Surabaya. Product quality and price simultaneously have a significant effect on purchasing decisions on Lapis Kukus Pahlawan Surabaya.
Keyword: Product quality, price and purchase decision.