Nurhayati. 2024. Pengembangan E-Modul Berbasis ESD terintegrasi
SSI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Tesis,
Program Studi S2 Pendidikan Sains, Pascasarjana Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj.
Rudiana Agustini, M.Pd. dan (II) Dr. Elok Sudibyo, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: e-modul, kemampuan berpikir kritis, ESD, SSI
Berpikir kritis yang dipelajari dalam IPA dapat mempengaruhi hidup peserta didik di masa yang akan datang dengan memberikan kemampuan menganalis is sejumlah isu dalam kehidupan nyata . Isu tentang kendaraan listrik dan larangan plastik sekali pakai
merupakan contoh isu kontroversial dalam materi pencemaran lingkungan.. Penelitian
ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis ESD terintegrasi SSI yang
layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE . Instrumen penelitian meliputi
lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan
berpikir kritis, dan angket respon. Penelitian dilakukan pada semester gasal
tahun ajaran 2023/2024 dengan objek penelitian sebanyak 32 peserta didik pada uji
coba terbatas, dan 128 peserta didik pada skala luas. Desain penelitian
menggunakan one group pretest-posttest design .
Teknik pengumpulan data meliputi validasi, observasi, angket, tes kemampuan berpikir
kritis, dan dokumentasi. Teknik analisis kelayakan berdasarkan pada validitas
dan reliabilitas. Validitas menggunakan modus dan reliabilitas menggunakan Borich . Analisis kepraktisan menggunakan
keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan analisis keefektifan menggunakan persentase
kemampuan berpikir kritis, N-Gain skor, uji t berpasangan, uji anava satu
jalur, dan respon peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-modul berbasis ESD terintegrasi
SSI pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan layak digunakan dengan nilai
validitas termasuk kategori sangat valid. (2) praktis ditinjau dari
keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik. (3) efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis ditinjau dari hasil tes kemampuan
berpikir kritis berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi, perolehan skor
N-Gain berada pada kategori sedang dan tinggi, uji hipotesis yang memperoleh
nilai sig. < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran serta respon peserta didik dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah e-modul berbasis ESD terintegrasi SSI valid, praktis, dan
efektif. Implikasi lanjutan yang dapat dilakukan adalah menggunakan e-modul
untuk pembelajaran daring dan luring.