Penelitian ini bertujuan
mengembangkan produk perangkat pembelajaran Learning Cycle 5E (LC5E)
berbantuan Media Kartu Kuintet (MKK) mata pelajaran Dasar Listrik dan
Elektronika (DLE) kelas X TITL SMKN 1 Pungging, ditinjau kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan, meliputi: (1) silabus model LC5E berbantuan MKK
DLE; (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model LC5E berbantuan MKK DLE;
(3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) model LC5E berbantuan MKK DLE; dan (4) MKK
DLE.
Penelitian ini menggunakan
metode four D models yang tahapannya meliputi: (1) define; (2) design; (3) develope; dan
(4) ujicoba empiris, menggunakan one shot case study.
Hasil kevalidan produk yang
dikembangkan meliputi: (1) silabus model LC5E berbantuan MKK DLE sebesar 3,86
dengan kriteria layak digunakan; (2) RPP model LC5E berbantuan MKK DLE KD 3.7
sebesar 3,84 dengan kriteria layak digunakan; (3) RPP model LC5E berbantuan MKK
DLE KD 3.8 sebesar 3,85 dengan kriteria layak digunakan; (4) LKPD model LC5E
berbatuan MKK DLE KD 3.7 sebesar 3,81 dengan kriteria layak digunakan; (5) LKPD
model LC5E berbatuan MKK DLE KD 3.8 sebesar 3,81dengan kriteria layak
digunakan; (6) MKK DLE sebesar 3,95 dengan kriteria layak digunakan. Dapat disimpulkan
bahwa pengembangan produk ini layak
diterapkan di SMK.
Hasil kepraktisan produk
yang dikembangkan ditinjau keterlaksanaan pembelajaran model LC5E berbantuan
MKK DLE dengan kriteria terlaksana dengan sangat baik, sedangkan hasil respon
peserta didik terhadap model LC5E berbantuan MKK DLE memperoleh respon positif
dari para responden, menunjukkan bahwa produk ini diterima secara positif.
Hasil keefektifan
dianalisis menggunakan uji one sample t-test, meliputi: (1) kompetensi
sikap DLE memperoleh nilai signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 85,61 dan telah
melampaui KKM; (2) kompetensi pengetahuan DLE memperoleh nilai signifikansi
0,00 dan rata-rata skor 84,50 dan telah melampaui KKM; 3) kompetensi
pengetahuan DLE memperoleh nilai signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 83,54 dan
telah melampaui KKM; dan (4) keterampilan komunikasi DLE memperoleh nilai
signifikansi 0,00 dan rata-rata skor 83,60 dan telah melampaui KKM.