INTERAKSI SIMBOLIK SISWA SMAN 1 TUBAN PASCA SISTEM KREDIT SEMESTER
SYMBOLIC INTERACTION STUDENTS OF SMAN 1 TUBAN AFTER SEMESTER CREDIT SYSTEM
Interaksi merupakan suatu tindakan antar kelompok individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok. Suatu aktivitas dapat disebut sebagai interaksi ketika ada timbal balik berupa komunikasi dan kontak sosial. Interaksi sosial berawal dari lingkup keluarga. Seiring berkembangnya waktu interaksi terjadi pada lingkup yang lebih luas seperti sekolah. Evaluasi-evaluasi yang di berlakukan pada kurikulum membawa terbentuknya sistem kredit semester di berbagai sekolah rujukan. SMAN 1 Tuban termasuk dalam sekolah rujukan penerapan SKS . SMAN 1 Tuban menerapkan sistem kredit semester dengan media belajar UKBM. Sekolah mengkategorikan siswa menjadi dua kelas yakni reguler dan migrasi (Percepatan). Penelitian ini bersifat kualiatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Interaksi simbolik yang digunakan sebagai pisau analisa pada penelitian ini termasuk pada paradigma definisi sosial. Penelitia ini bertempat pada SMAN 1 Tuban. Siswa kelas migrasi dan reguler merupakan subyek dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Observasi, Wawancara secara mendalam (in-depth interview), dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan strategi yang dikemukaka oleh Miles&Huberman. Miles &Huberman mengkategorikan strategi analisis menjadi tiga proses yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah interaksi simbolik yang dikemukakan oleh H. Blumer. Blumer membagi konsepnya pada 5 ide dasar yakni konsep diri, tindakan, objek, interaksi sosial, dan tindakan bersama.
Interaction is an action between groups of individuals, individuals with a group, groups with groups. An activity can be called an interaction when there are reciprocal communication and social contact. Social interaction starts from the family circle. Over time the interaction occurs in a broader scope such as in schools. The evaluations carried out in the curriculum led to the formation of a semester credit system at various reference schools. SMAN 1 Tuban is included in the reference school for implementing SKS. SMAN 1 Tuban applies a semester credit system using UKBM learning media. The school categorizes students into two classes regular and migration (accelerated). This research is qualitative using the case study approach. The symbolic interaction that is used as an analysis knife in this study belongs to the social definition paradigm. This research took place at SMAN 1 Tuban. Migration and regular class students are the subjects in this study. This study uses observation, in-depth interviews, and documentation as data collection techniques. The data that has been collected is then analyzed using a strategy developed by Miles & Huberman. Miles & Huberman categorized the analysis strategy into the processes, reduction, presentation, and conclusion. The result of this research is symbolic interaction by H. Blumer. Blumer divides his concept into five basic ideas, self-concept, action, object, social interaction, and collective action. Keywords : Semester Credit System, Student, Symbolic Interaction