PROFIL PENALARAN STATISTIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH STATISTIKA
Nama : Dinda Amalia Rahmah
NIM : 15030174003
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Jurusan : Matematika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Upaya siswa dalam memahami informasi dan masalah statistika seringkali melibatkan proses statistika, yaitu proses mendeskripsikan data, proses mengorganisasikan dan mereduksi data, proses merepresentasikan data, serta proses menganalisis dan menginterpretasikan data. Suatu proses berpikir logis dalam rangka memahami informasi dan masalah statistika disebut dengan penalaran statistis.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran statistis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah statistika di setiap proses statistika. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas XII MIA yang berjenis kelamin sama serta memiliki kemampuan matematika setara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen Tes Kemampuan Matematika (TKM), instrumen Tes Penalaran Statistis (TPS), instrumen pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses mendeskripsikan data, dua orang siswa dapat mendeskripsikan peristiwa berdasarkan data yang diberikan, namun belum dapat memberikan penjelasan secara lengkap. Sementara satu siswa yang lain mendeskripsikan peristiwa menggunakan data yang tidak sesuai dengan data yang sebenarnya. Pada proses mengorganisasikan dan mereduksi data, ketiga siswa menentukan nilai modus dengan konsep dan langkah yang tidak tepat, di antaranya melakukan kesalahan dalam memasukkan data ke dalam rumus modus, menentukan nilai modus hanya dengan melihat kolom frekuensi, serta tidak dapat mengurutkan data yang berupa bilangan persen dengan benar. Pada proses merepresentasikan data, ketiga siswa menyajikan diagram yang tidak sesuai dengan karakteristik data, serta melakukan kesalahan dalam memasangkan data dalam diagram. Pada proses menganalisis dan menginterpretasikan data, ketiga siswa tidak dapat menginterpretasikan kecenderungan dua kelompok data, sehingga tanggapan yang diberikan tidak tepat.
Kata kunci: Statistika, proses statistika, penalaran statistis
STATISTICAL REASONING PROFILE OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING STATISTICAL PROBLEMS
Name : Dinda Amalia Rahmah
Study Program : Bachelor of Mathematics Education
Department : Mathematics
Faculty : Mathematics and Science
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Rini Setianingsih, M.Kes.
Students’ efforts in understanding statistical information and problems often involve statistical process, namely the process of describing data, the process of organizing and reducing data, the process of representing data, as well as the process of analyzing and interpreting data. A logical thinking process in order to understand statistical information and problems is called statistical reasoning.
This research is a descriptive study with a qualitative approach that aims to describe the statistical reasoning profile of high school students in solving statistical problems in each statistical process. The subjects in this study were three high school students of grade XII who were same sex and had same mathematical abilities. The instruments used in this study consisted of the Mathematical Ability Test (MAT) instrument, the Statistical Reasoning Test (SRT) instrument, and interview guidlines.
The results showed that in the process of describing data, two students can describe the event based on data correctly, but still cannot give full explanation. Meanwhile, one other student describe the event using not appropriate data. In the process of organizing and reducing data, three students determine the mode value using incorrect concepts and ways, that are input the data to the mode formula incorrectly, determining the mode value according to the frequency column, and cannot combine and sort the data of percent form correctly. In the process of representing data, three students present diagrams that not appropriate to the characteristics of data provided and pair the data into diagram incorrectly. The last, in the process of analyzing and interpreting data, three students cannot interpret the tendency of two data groups, so the responses which are given is not appropriate.
Keywords: Statistics, statistical process, statistical reasoning.