Analisis Efektivitas Aplikasi Wargaku Surabaya dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya
Effectiveness Analysis of the Wargaku Surabaya Applicatn in Supporting Public Services for the People of Surabaya City
Era revolusi industri 4.0 telah memaksa dunia bergerak kedalam trend digital dan internet
di berbagai lini kehidupan bermasyarakat. Hal ini telah direspons secara positif oleh
pemerintah kota Surabaya selaku penyelenggara pelayanan publik warga masyarakat
Surabaya. Pemkot Surabaya pada tanggal 22 Maret 2021 telah merilis sebuah aplikasi
pelayan publik berbasis android di playstore dengan nama “Wargaku Surabaya”.
Munculnya aplikasi baru ini seakan menggeser peran pusat media yang telah lama sebagai
wadah dalam menampung dan mengatasi keluhan warga Surabaya melalui berbagai
macam fasilitasnya. Kemudian aplikasi ini juga membingungkan masyarakat dikarenakan
adanya dualisme media yang hampir memiliki fungsi dan peran yang sama. Sampai saat
ini pengguna aplikasi ini tergolong masih sangat minim, namun telah banyak menampung
keluhan dari berbagai kalangan. Untuk itu diperlukannya penelitian tentang keefektifan
dari sistem informasi manajemen aplikasi Wargaku Surabaya ini terhadap pelayanan
publik warga Surabaya. Penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder
dari studi kepustakaan. Fokus yang diambil oleh penelitian ini yaitu menilai keefektifan
dari aplikasi Wargaku Surabaya dengan pendekatan teori Information System Success
Model yang menilai tingkat kesuksesan dari aplikasi serta keefektifannya dengan enam
faktor; kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, pengguna, kepuasan
pengguna dan keuntungan profit. Hasil dari penelitian ini yaitu menyimpulkan secara
umum bahwa aplikasi Wargaku Surabaya yang dibuat oleh Pemerintah Kota Surabaya
bekerja sangat efektif dalam mendukung pelayanan publik di kota Surabaya serta
memberikan masukan dan saran untuk lebih meningkatkan dan memaksimalkan kinerja
dari aplikasi ini. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi
ini sudah baik dapat dilihat dari beberapa faktor. Faktor kualitas sistem, dalam
menanggapi keluhan maupun saran dari pengguna respon yang diberikan cukup cepat
dalam membantu masyarakat. Kualitas informasi, tingkat efektivitas penyampain
informasi bagus dan terpercaya. Kualitas pelayanan, dalam melayani pengaduan dari
masyarakat Surabaya cukup tanggap dan sesuai harapan. Pengguna, sudah banyak
masyarakat Surabaya yang menggunakan aplikasi ini. Kepuasan pengguna, dilihat dari
banyaknya pengguna yang memberikan ulasan bagus terhadap aplikasi ini dan
Keuntungan profit yang didapatkan oleh masyarakat dapat memudahkan masyarakat
dalam melakukan aduan.
The era of industrial revolution 4.0 has forced the world to move into the digital
trend and the internet in various lines of social life. This has been responded
positively by the Surabaya city government as the organizer of public services for
the citizens of Surabaya. The Surabaya City Government on March 22, 2021 has
released an android-based public service application on Playstore with the name
"Wargaku Surabaya". The emergence of this new application seems to shift the
role of the media center, which has long served as a forum for accommodating and
resolving complaints from Surabaya residents through its various facilities. Then
this application also confuses the public because of the dualism of media which
almost has the same function and role. Until now, the users of this application are
still very minimal, but it has accommodated many complaints from various circles.
For this reason, research is needed on the effectiveness of the Wargaku Surabaya
application management information system for Surabaya residents' public
services. The research will be carried out using descriptive qualitative research
methods and data collection techniques using secondary data from literature
studies. The focus taken by this study is to assess the effectiveness of the Wargaku
Surabaya application with the Information System Success Model theory approach
which assesses the success rate of the application and its effectiveness with six
factors; system quality, information quality, service quality, user, user satisfaction,
and net benefit. The results of this study are to conclude in general that the
Wargaku Surabaya application made by the Surabaya City Government works
very effectively in supporting public services in the city of Surabaya and provides
input and suggestions to further improve and maximize the performance of this
application. Conclusion of the study result is that the use of this application is
already good from many factors. System quality factor, responding to complaints
and suggestion respond is fast enough for helping public. Information quality,
effectiveness of information delivery is good and trusted. Service quality, in
serving complaints from Surabaya people quite responsive and expected. User,
many Surabaya people are using this application. User satisfaction, seen from
many user giving good reviews for this application and net benefit for the public
can make it easier for the public to make complaints.