Sarana dan prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang penting, khususnya pada pembelajaran praktik kelistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan, mengingat kelistrikan merupakan salah satu pokok pembelajaran dalam otomotif. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh SMK yang digunakan untuk pembelajaran praktik siswa akan mempengaruhi kualitas hasil dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kelayakan sarana dan prasarana praktik kelistrikan program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Kalitengah.
Penelitian ini merupakan penelitian survey yang termasuk dalam penelitian deskriptif dengan sumber data penelitian adalah kepala bengkel, guru praktik program keahlian teknik kendaraan ringan dan bagian sarana prasarana sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara, serta menggunakan instrumen yang disadur dari Permendiknas No. 40 Tahun 2008 digabungkan dengan instrumen verifikasi BNSP kesiapan Ujian Kompetensi Kejuruan SMK Tahun 2018/2019. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan menggunakan skala persentase yaitu perhitungan dalam analisis data akan menghasilkan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian prasarana kelayakan ditinjau dari kualitas dan kuantitas ruang praktek kelistrikan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kalitengah adalah 51,6%, maka dapat dikatakan layak berdasarkan hasil pencapaian standar yang dilakukan pada prasarana Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Sedangkan ketercapaian sarana kelayakan di tinjau dari kualitas, kuantitas dan kemutakhiran ruang praktik kelistrikan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah 62,5%, maka dapat dikatakan layak berdasarkan hasil pencapaian standar yang dilakukan pada sarana. Hal tersebut dapat mendukung peningkatan kompetensi siswa pada praktek kelistrikan Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kalitengah tahun ajaran yang akan datang.
Educational facilities and infrastructure in the learning process have an important role, especially in the learning of electrical practice in vocational high school, considering that electricity is one of the fundamentals of learning in the automotive. Facilities and infrastructures owned by SMK used for learning practice of students will influence the outcome quality of the learning process. This research aims to know how much feasibility and infrastructure of electrical practice of Light Vehicle Engineering program in SMK Negeri 1 Kalitengah.
This research is a research survey that is included in the descriptive research with the source of research data is the head of the workshop, Teacher Practice light Vehicle Engineering program and part of the school infrastructure. The method of collecting data using documentation, observation and interviews, and using the instrument adapted from Permendiknas No. 40 year 2008 combined with BNSP verification instrument of Vocational competence exam readiness of SMK year 2018/2019. Analysis of this research data using descriptive statistical analysis techniques and using a percentage scale i.e. calculations in data analysis will result in percentages.
The results showed that the level of achievement of the feasibility infrastructure was reviewed from the quality and quantity of electrical practice space the lightweight vehicle engineering expertise Program of SMK Negeri 1 Kalitengah is 51.6%, it can be said to be worthy based on Result of standard achievement in light vehicle engineering Program infrastructure. While the achievement of eligibility in the review of the quality, quantity and the suffix of the electrical space engineering expertise Program light vehicles is 62.5%, it is said to be feasible based on the results of the standards achieved on Means. This can support the improvement of students ' competency in the electrical practice of the lightweight vehicle engineering expertise Program of SMK Negeri 1 Kalitengah The school year to come.
Keywords : Facility Infrastructure, Electrical Practice of Light Vehicle Engineering, Workshop Feasibility.