SLB Karya Mulia Surabaya merupakan lembaga formal yang diperuntukkan bagi Anak Berkebutuhan Khusus dengan spesifik Tunarungu SLB Karya Mulia Surabaya dikelola oleh naungan Yayasan Pendidikan Anak Tuna Rungu YPATR SMPLB Karya Mulia Surabaya menyelenggrakan kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Tari sebagai pengimplementasian layanan Bina Bicara dan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama BKPBI Kegiatan pembelajaran Ekstrakurikuler Tari dilaksanakan rutin setiap minggunya meskipun siswa Tunarungu memiliki kondisi kekurangan dalam mendengar Penelitian ini membahas 3 tiga rumusan masalah yaitu 1 Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Ekstrakurikuler Tari pada siswa Tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya 2 Bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan saat Ekstrakurikuler Tari pada siswa Tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya dan 3 Faktor apa yang dapat mendukung hasil belajar Ekstrakurikuler Tari pada siswa Tunarungu SMPLB Karya Mulia Surabaya Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian Strategi Pembelajan Ekstrakurikuler teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi penyajian data dan penarikan simpulan dan validitas data menggunakan triangulasi sumber metode dan waktu
Hasil penelitian dan pembahasan dapat menjawab ketiga rumusan masalah, yang pertama menunjukkan bahwa Ekstrakurikuler Seni Tari pada siswa SMPLB Karya Mulia Surabaya merupakan bentuk dari implementasi Bina Bicara dan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama BKPBI yang dilaksanakan rutin setiap satu minggu sekali dengan diikuti oleh seluruh peserta didik SMPLB Karya Mulia Surabaya Kedua Ekstrakurikuler Tari menggunakan strategi pendekatan dengan siswa melalui metode komunikasi total atau komtal dan teknik hitungan Selama proses pembelajaran pelatih menekankan lebih menggunakan bahasa isyarat berjenis Oral Manual maupun Campuran Ketiga faktor pendukung hasil belajar Ekstrakurikuler pada tingkat SMPLB dapat diketahui dari nilai rapor setiap akhir semester hasil belajar didukung oleh dua faktor yaitu Internal dan Eksternal SMPLB Karya Mulia Surabaya beberapakali mendapat prestasi dari berbagai event perlombaan yang telah diraih selama mengikuti Ekstrakurikuler
SLB Karya Mulya Surabaya is a formal institution that is provided for the students with special needs especially the deaf students SLB Karya Mulia Surabaya is managed by YPATR or as known as Yayasan Pendidikan Anak Tuna Rungu SMPLB Karya Mulia Surabaya provides the learning activity of dance extracurricular as the implementation of the service of BKPBI which stands for Bina Bicara dan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama The learning activity of dance extracurricular is conducted every week routinely although the deaf students have deficiency in listening This research discusses 3 three research questions those are 1 How does the learning implementation of dance extracurricular of the deaf students at SMPLB Karya Mulia Surabaya 2 How does the learning strategy which is applied during the dance extracurricular of the deaf students at SMPLB Karya Mulia Surabaya 3 What factor that support the learning result of dance extracurricular of the deaf students at SMPLB Karya Mulia Surabaya The research method is descriptive qualitative and the learning strategy of extracurricular as the research object The data collection technique of this research uses observation interview and documentation The data analysis technique uses reduction data presentation and conclusion Therefore the data validity uses source triangulation method and time
The result and discussion of this research can answer those three research questions firstly it shows that the dance extracurricular of the deaf students at SMPLB Karya Mulia Surabaya is the implementation of Bina Bicara dan Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama BKPBI that is held routinely once in a week which will be conducted by all the students of SMPLB Karya Mulia Surabaya Secondly the dance extracurricular conducts the students approach strategy by using the total communication method or komtal and quantification technique During the learning process the coach emphasizes to use the sign language such as Oral manual or both Thirdly the supporting factor of the learning result of the extracurricular at the stage of SMPLB can be seen from the report school grades in the end of the semester The learning result is supported by two factors those are internal and external SMPLB Karya Mulia Surabaya often achieve some achievements from many competition events when conducting the dance extracurricular