Aplikasi E-Office SABDOPALON merupakan salah satu inovasi berbasis Electronic Government yang sengaja diciptakan untuk meningkatkan pelayanan publik pemerintah Kabupaten Jombang serta mewujudkan Kabupaten Jombang sebagai Smart City sehingga dapat mencerminkan pelayanan pemerintah desa yang efektif dan efisien. Aplikasi ini menampilkan profil dan potensi desa sesuai dengan karakter masing-masing, selain itu aplikasi ini memberikan pelayanan administrasi kependudukan, serta berita desa yang dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Kabupaten Jombang. Namun, pada penerapannya aplikasi ini masih terdapat kendala seperti, sering mengalami lagging pada server di website sehingga pengajuan pelayanan kependudukan yang diajukan oleh masyarakat sedikit mengalami keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aplikasi E-Office Sistem Administrasi, Berita Deso, dan Pelayanan Online di Desa Kebonagung, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian menggunakan teori faktor keberhasilan E-Gov (Ishengoma, Mselle, Mongi, 2019). Faktor kunci dalam keberhasilan E-Gov meliputi, antara lain : Security and privacy/trust (keamanan dan privasi/kepercayaan), Infrastructure (infrastruktur), Usability (kegunaan), Accessbility (aksesbilitas), Personal initiatives and characteristic (inisiatif dan karakteristik pribadi), Cost (biaya).
Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam 6 indikator penelitian terdapat berbagai temuan meliputi: Security and privacy/trust (keamanan dan privasi/kepercayaan) meliputi SK pegawai pemerintah Desa Kebonagung, Pakta Integritas Desa Kebonagung, dan Perbup Nomor 15 Tahun 2019 tentang tata kelola penyelenggaraan elektronik dalam pemerintahan (E-Government),
Infrastructure (infrastruktur)meliputi infrastruktur fisik (bangunan, peralatan, dll), infrastruktur berbasis elektronik (jenis provider wifi, laptop atau komputer, kecepatan provider, dll), Usability (kegunaan) meliputi fitur pelayanan kependudukan, dan berita deso, Accessbility (aksesbilitas) meliputi layanan panduan mengakses dan kemudahan masyarakat dalam mengakses aplikasi E-Office SABDOPALON, Personal initiatives and characteristic (inisiatif dan karakteristik pribadi) meliputi sosialisasi aplikasi E-Office SABDOPALON melalui social media seperti youtube atau melalui musyawarah desa, rapat desa, dll. Cost (biaya) meliputi anggaran yang disediakan desa untuk menunjang penerapan aplikasi E-Office SABDOPALON baik anggaran infrastruktur maupun anggaran belanja pegawai.
Kata Kunci: Electronic Government, E-Office, Pelayanan Kependudukan