ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMA AL-MIZAN SURABAYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
ANALYSIS OF AL-MIZAN SURABAYA’S HIGH SCHOOL STUDENTS’ ERRORS IN SOLVING WORD PROBLEMS RELATED TO LINEAR EQUATION SYSTEM USING THREE VARIABLES
ABSTRAK
Nama : Nur Windyah Hasan
NIM : 15030174040
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Jurusan : Matematika
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Abdul Haris Rosyidi, M.Pd.
Kesalahan adalah kekeliruan yang dilakukan peserta didik dalam mencari solusi persoalan. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik akan berakibat pada hasil belajarnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Matematika di SMA Al-Mizan Surabaya, 35% peserta didik di kelas X IPA dan 90% peserta didik di kelas X IPS mengalami remidi pada materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan letak dan penyebab kesalahan peserta didik SMA Al-Mizan Surabaya dalam mengerjakan soal cerita SPLTV serta menyusun solusinya. Banyak subjek penelitian adalah 4 orang dengan kriteria peserta didik yang terindikasi melakukan kesalahan paling banyak dan bervariasi. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian soal dan wawancara. Analisis kesalahan pada penelitian ini menggunakan metode Newman’s Error Analysis (NEA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas X IPA SMA Al-Mizan Surabaya mangalami kesalahan membaca soal (dengan indikator tidak menemukan, tidak menjelaskan, atau salah dalam menuliskan kata kunci pada soal), transformasi (dengan indikator tidak berhasil menuliskan kalimat matematika dari soal), dan keterampilan proses (dengan indikator tidak berhasil menuliskan penyelesaian yang tepat sesuai prosedur) dalam menyelesaikan soal cerita SPLTV. Faktor penyebab peserta didik SMA Al-Mizan Surabaya melakukan kesalahan adalah karena tidak memahami makna dari kata kunci salah satunya yang berhubungan dengan kata lebih dari, kurang menguasai konsep aljabar, serta tidak fokus dalam pengerjaan. Solusi dari permasalahan tersebut antara lain guru mengajarkan cara mengidentifikasi objek mana yang banyaknya lebih besar atau lebih kecil lalu dengan selisih dari banyaknya dua objek dapat dibuat persamaan linear. Peserta didik diminta memaknai soal dengan benar, peserta didik diharapkan fokus dalam mengerjakan soal agar terhindar dari kecerobohan, serta guru mengajarkan kembali materi prasyarat dari SPLTV yaitu aljabar.
Kata Kunci: Kesalahan, Newman’s Error Analysis, SPLTV.
ABSTRACT
Name : Nur Windyah Hasan
Student Number : 15030174040
Study program : S-1 Mathematics Education
Department : Mathematics
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
University : Universitas Negeri Surabaya
Adviser : Abdul Haris Rosyidi, M.Pd.
Errors are mistakes made by students in finding solutions to problems. Errors made by students will result in learning outcomes. Based on the results of interviews with Mathematics teachers at Al-Mizan High School Surabaya, 35% of students in class X Sciences and 90% of students in class X Social Sciences experienced a remission on the SPLTV (Three Variable Linear Equation System) material.
This research is a qualitative descriptive study that aims to describe the location and causes of errors of Al-Mizan Surabaya High School students in working on SPLTV story problems and developing solutions. Many research subjects are 4 people with the criteria of students indicated to make the most errors and varied. Data is collected by giving questions and interviews. Error analysis in this study uses the Newman’s Error Analysis (NEA) method.
The results of this study indicate that students of class X Sciences of SMA Al-Mizan Surabaya experienced errors in reading questions (with indicators not finding, not explaining, or wrong in writing keywords in questions), transformation (with indicators unsuccessful in writing mathematical sentences of questions) , and process skills (with indicators unsuccessful in writing the correct solution according to procedure) in solving SPLTV story problems. The factors that cause the Al-Mizan Surabaya High School students to make mistakes are because they do not understand the meaning of the keywords, one of which is related to the word more than, lack of mastering the concept of algebra, and not focus on workmanship. The solution to these problems includes the teacher teaching how to identify which objects are larger or smaller and then by the difference of the number of two objects can be made a linear equation. Students are asked to interpret the questions correctly, students are expected to focus on working on the problems to avoid carelessness, as well as the teacher re-teaching the prerequisite material from SPLTV, namely algebra.
Keywords: Error, Newman’s Error Analysis, SPLTV.