LOGAM KUNINGAN SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI RUPA 2 DIMENSI SISWA KELAS XII SMAN 2 SIDOARJO
BRASS METAL AS A 2-DIMENSIONAL ART WORKING MEDIA FOR CLASS XII STUDENTS OF SMAN 2 SIDOARJO
Perubahan fase pembelajaran dari pandemi ke pasca pandemi COVID-19 tentunya sangat berpengaruh pada eksplorasi media berkarya siswa. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi tidak pernah berkarya seni rupa di media lain khususnya seni rupa 2 dimensi. Karya siswa di media kertas hanya sebatas karya tugas dan lama kelamaan menjadi terlupakan. Oleh karena itu diperlukan sebuah media berkarya seni rupa 2 dimensi lain yang menarik dan unik untuk dikenalkan kepada siswa agar karya yang diciptakan menjadi lebih berarti. Logam plat kuningan dapat digunakan sebagai bentuk inovasi media berkarya siswa. Logam kuningan menjadikan karya siswa berbeda dengan karya siswa pada umumnya. Hasil karya logam kuningan diharapkan dapat memunculkan potensi serta peluang baik yang bermanfaat bagi siswa, guru dan sekolah. Penelitian dilaksanakan di kelas XII MIPA 7 SMAN 2 Sidoarjo bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan logam kuningan sebagai media berkarya seni rupa 2 dimensi, hasil karya seni rupa 2 dimensi siswa menggunakan media logam logam kuningan, evaluasi dan refleksi siswa serta tanggapan guru terhadap logam kuningan sebagai media berkarya seni rupa 2 dimensi. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer berupa hasil karya logam kuningan dan angket siswa kelas XII MIPA 7 SMAN 2 Sidoarjo. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui Wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diolah menggunakan metode reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Keabsahan data diketahui melalu triangulasi data. Logam plat kuningan diukir menggunakan teknik tekan. Proses pembelajaran diawali dengan mempersiapkan perangkat dan media pembelajaran. Pembelajaran berlangsung selama 5 pertemuan mulai dari penyampaian materi, membuat dan memindahkan desain logam, mengukir logam dengan teknik tekan, memberikan detail serta background, mewarnai kemudian finishing. Kegiatan berkarya seni rupa 2 dimensi menggunakan logam kuningan dikerjakan secara berkelompok menghasilkan 16 karya siswa dengan predikat karya kategori sangat baik, baik, hingga kurang baik. Penelitian ini mendapat respon baik dari siswa, guru dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum.
Kata kunci: logam kuningan, media berkarya, seni rupa 2 dimensi.
The change in the learning phase from the pandemic to the post-pandemic COVID-19 certainly had a big impact on students' exploration of creative media. This resulted in students never creating art in other media, especially 2-dimensional art. Student work on paper is limited to work assignments, and over time it becomes forgotten. Therefore, we need a medium for creating other interesting and unique 2-dimensional art to be introduced to students so that the works created become more meaningful. Brass plate metal can be used as a form of media innovation for student work. Brass metal makes student work different from the work of students in general. Brass metal works are expected to bring good potential and opportunities that are beneficial to students, teachers, and schools. The research was carried out in class XII MIPA 7 SMAN 2 Sidoarjo, aiming to find out and describe the process of applying brass metal as a medium for creating 2-dimensional fine art, the 2-dimensional fine art works of students using brass metal media, and the evaluation and reflection of student and teacher responses to brass metal as a medium for creating 2-dimensional art. Research using the descriptive-qualitative method Primary data sources are brass metal works and questionnaires for class XII MIPA 7 students of SMAN 2 Sidoarjo. While secondary data is obtained through interviews and documentation. The data obtained was then analyzed and processed using the data reduction method, presenting the data and drawing conclusions. The validity of the data is known through data triangulation. Brass plate metal is engraved using a press technique. The learning process begins with preparing learning tools and media. Learning lasts for 5 meetings, starting with delivering material, making and moving metal designs, carving metal with pressing techniques, providing details and background, coloring, and finishing. The activity of creating 2-dimensional art using brass metal was carried out in groups, resulting in 16 student works in the categories of very good, good, and not good. This research received good responses from students, teachers, and vice principals in the field of curriculum.
Keywords: brass metal, creative media, 2 dimensional art.