Analisis Wacana Multimodal Iklan Produk Kecantikan Indonesia yang Menampilkan Selebriti Korea di Instagram
A Multimodal Discourse Analysis of Indonesian Beauty Product Advertisement Featuring Korean Celebrity on Instagram Post
Melalui efek Korean Wave, terutama dalam standar kecantikan Korea, jumlah penggemar yang tinggi selalu meningkat dan menjadi daya tarik di industri kecantikan Indonesia. Visual dari brand ambassador artis Korea menjadi salah satu langkah pemasaran dengan hasil yang signifikan terhadap penjualan kosmetik di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini menyelidiki elemen visual dan verbal dari iklan kecantikan Indonesia yang menampilkan selebriti Korea yang mengkonstruksi makna representasional untuk menarik konsumen. Lima iklan produk kecantikan Indonesia: Whitelab, Y.O.U, MS GLOW, Somethinc, dan Azarine. Data dikumpulkan dari setiap akun resmi Instagram dan dikategorikan berdasarkan elemen verbal dan visual. Setelah itu, data dianalisis menggunakan Generic Structure Potential oleh Cheong (2004), Transitivity System oleh Halliday & Matthiessen (2013), dan Visual Grammar oleh Kress dan Van Leeuwen (2006). Temuan-temuan tersebut mengungkapkan bahwa komponen visual terdiri dari Lead yang merupakan komponen yang paling umum dan langsung menarik perhatian pembaca. Kemudian, Display yang ditampilkan bersifat kongruen. Elemen visual mengandung dua representasi yaitu Action Process dan Circumstances of Means. Pada komponen verbal, Announcement merupakan elemen yang paling sering muncul. Elemen Enhancer muncul pada caption iklan Instagram, logo verbal menunjukkan Emblem, Tag menangkap informasi terkait produk, dan Call-and-Visit hanya terdapat pada iklan Azarine. Proses yang terjadi pada komponen verbal adalah Mental, Existential Relational, dan Material Processes. Namun, Material Process paling banyak ditemukan pada caption Instagram daripada desain poster. Hal ini meningkatkan kecanggihan dan kesederhanaan iklan. Dengan demikian, modalitas verbal dan visual berkolaborasi untuk menggambarkan estetika, cerah, dan menawan yang penting bagi keterlibatan merek.
Through the Korean Wave effect, especially in Korean beauty standards, the high number of fans always increases and becomes an attraction in the Indonesian beauty industry. Visuals from Korean artist brand ambassadors are one of the marketing steps with significant results on cosmetic sales in Indonesia. Therefore, this qualitative study investigated the visual and verbal elements of Indonesian beauty advertisements featuring Korean celebrities constructing representational meaning to engage consumers. Five Indonesian beauty products advertisements: Whitelab, Y.O.U, MS GLOW, Somethinc, and Azarine. The data were collected from each Instagram official account and categorised by the verbal and visual elements. Afterwards, the data were analysed using Generic Structure Potential by Cheong (2004), Transitivity System by Halliday & Matthiessen (2013), and Visual Grammar by Kress and Van Leeuwen (2006). The findings revealed that the visual component consists of Lead which is the most prevalent and instantly captures the reader's attention. Then, the Display shown is congruent. The visual element contains two representations of action process and circumstances of means. In the verbal component, the announcement is the most frequent element. Enhancers appear in the Instagram advertisement caption, verbal logos show emblems, tags capture product-related information, and Call-and-Visit is only present in Azarine advertisements. The Processes that occur in the verbal components are Mental, Existential, Relational, and Material Processes. However, The Material Process is most found in the Instagram caption instead of the poster's design. It enhances the sophistication and simplicity of the ad. Accordingly, verbal and visual modalities collaborate to portray aesthetic, bright, and charming essential to the brand's engagement.