THE IMPACT OF BASKETBALL HOOP MODIFICATION ON STUDENT LEARNING INTEREST AT SDN GADING IV SURABAYA
ABSTRAK
DAMPAK MODIFIKASI RING BASKET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SDN GADING IV SURABAYA
Nama :
M. Zulfikar Alfanthoriq
NIM :
19060464145
Program Studi :
S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Jurusan :
Pendidikan Olahraga
Fakultas :
Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Prof. Dr. Drs. Abdul Rachman Syam Tuasikal., M.Pd.
Peneliti melakukan ini bertujuan untuk mengajak siswa siswi yang cenderung kurang tertarik ketika mengikuti proses pembelajaran PJOK terutama pada materi bola basket yaitu shooting. Maka dari itu peneliti memberikan sebuah modifikasi permainan bola basket yang dibuat yaitu shooting dengan menggunakan media kursi sebagai pengganti ring basket pada umumnya. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitafif untuk mengetahui besarnya minat belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu dengan materi permainan bola basket yang sudah dimodifikasi oleh peneliti dan diterapkan pada proses pembelajaran PJOK di SDN Gading IV Surabaya. Desain penelitian ini menggunakan “One Group Pretest-Posttest Design”. Penggunaan desain ini tidak ada kelompok kontrol, dan subjek tidak ditempatkan secara acak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak siswa terkait dengan adanya modifikasi ring basket dengan media kursi ditujukan pada minat belajar siswa kelas VC di SDN Gading IV Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini adanya hasil peningkatan pada minat belajar siswa dilihat dari angket yang sudah diisi oleh siswa yaitu adanya peningkatan 1,97% dapat dilihat dari hasil pretest menunjukkan hasil mean atau nilai rata-rata 58,92 dan posttest menunjukkan hasil mean atau rata-rata 60,89, dan mereka merasakan hal baru ketika adanya modifikasi ring basket tersebut di sekolah. Dapat diketahui bahwa data uji normalitas pretest dan posttest pada minat belajar siswa yaitu memiliki nilai signifikan 0,18 dan 0,34, maka dari itu data tersebut dikatakan berdistribusi normal karena memiliki nilai signifikan (lebih dari)0,05.
ABSTRACT
Name :
Study Program :
S1 Physical Education, Health, and Recreation
Department :
Sport Education
Faculty :
Faculty of Sports and Health Sciences
Name of Institution :
State University of Surabaya
Advistor :
Researchers do this to invite students who tend to be less interested when following the PJOK learning process, especially on basketball material, namely shooting. Therefore, researchers provide a modification of the basketball game made, namely shooting using chair media as a substitute for basketball hoops in general. This study uses research with pseudo-experimental methods with a quantitative approach to determine the amount of student learning interest in following the learning process, namely with basketball game material that has been modified by researchers and applied to the PJOK learning process at SDN Gading IV Surabaya, The design of this study used "One Group Pretest-Posttest Design". Using this design there was no control group, and subjects were not placed randomly.
This study aims to determine the impact of students related to the modification of basketball hoops with chair media aimed at the learning interest of VC class students at SDN Gading IV Surabaya. Based on the results of this study, there was an increase in student interest in learning seen from the questionnaire that had been filled out by students, namely an increase of 1.97%, it could be seen from the pretest results showing a mean result or average value of 58.92 and the posttest showing a mean or average result of 60.89, a they felt new things when there was a modification of the basketball hoop at school. It can be known that the pretest and posttest normality test data on student learning interest have significant values of 0.18 and 0.34, therefore the data is said to be normally distributed because it has a significant value (more than) 0.05.
Keywords: modification, basketball, interest in learning.