Pembentukan Image Wisata Aman Di Era New Normal (Studi Kasus Alun-Alun Kota Wisata Batu)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembentukan image destinasi wisata Kota Batu sebagai wisata aman ditengah pandemi di era new normal (studi kasus alun-alun kota wisata batu). Menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus dengan perolehan data yang didapat dari hasil wawancara dan pengamatan lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pembukaan kembali salah satu destinasi wisata Kota Batu yakni Alun-alun Batu telah melalui serangkaian proses uji kelayakan wisata era new normal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Menurut hasil penelitian yang didapat peneliti, terdapat beberapa kegiatan dalam pembentukan image kota wisata aman yang dilakukan oleh pihak pengelola Alun-alun bersama pemerintah guna menciptakan lingkungan wisata nyaman bagi wisatawan untuk berwisata di tengah pandemi. Beberapa diantaranya mengarah pada strategi umum branding. Langkah pertama yakni pemberlakuan one gate system kawasan Alun-alun dengan satu pintu masuk dan satu pintu keluar, Infratstructure marketing (pemasaran prasarana) berupa perbaikan sarana dan prasarana diberbagai titik kawasan Alun-alun yang disesuaikan dengan protokol kesehatan demi kenyamanan wisatawan saat berkunjung di Alun-alun. Attraction marketing (pemasaran atraksi wisata) dan Image marketing (pemasaran citra) ditunjukkan melalui wajah baru Alun-alun era new normal dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. People Marketing (pemasaran penduduk) merupakan bentuk kerjasama pemerintah Kota Batu dengan masyarakat dalam menciptakan masyarakat taat protokol kesehatan. Yang terakhir berupa pemanfaatan media sebagai sarana promosi berwisata aman.
Kata Kunci: Pemasaran Citra, Destinasi Wisata, New Normal
This study aims to know how the formation of the image of Batu City's tourist destinations as safe tourism in the midst of a pandemic in the new normal era (case study of Batu City Tourism Square). Using a qualitative approach through the case study method with the acquisition of data obtained from interviews and field observations. The results of this study indicate that the reopening of one of Batu City's tourist destinations namely Alun-alun Batu, has gone through a series of feasibility test processes for the new normal era tourism with the application of strict health protocols. According to the results of the research obtained by researchers, there are several activities in forming the image of a safe tourist city carried out by the management of the square with the government in order to create a comfortable tourist environment for tourists to travel in the midst of a pandemic. Some of them lead to a general branding strategy. The first step is the implementation of a one gate system in the Square area with one entrance and one exit, Infrastructure marketing in the form of improving facilities and infrastructure at various points in the Square area which is adjusted to health protocols for the convenience of tourists when visiting the Square. Attraction marketing and Image marketing are shown through the new face of the new normal era square with the implementation of strict health protocols. People Marketing is a form of cooperation between the Batu City government and the community in creating a community that obeys health protocols. The last is the use of media as a means of promoting safe travel.
Keywords: Image Marketing, Tourist Destinations, New Normal