PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI MESIN FRAIS DI SMKN 1 SIDOARJO
DEVELOPMENT OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA ON FRAISING MACHINE MATERIALS AT SMKN 1 SIDOARJO
Pembelajaran yang dirancang secara baik dengan memanfaatkan teknologi multimedia memungkinkan siswa untuk belajar lebih banyak, memahami apa yang dipelajari dengan lebih baik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi multimedia dalam pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi mesin frais di SMKN 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan atau dikenal Research & Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Sidoarjo pada bulan Agustus-September 2023. Hasil penelitian ini berupa video pembelajaran interaktif berupa video pembelejaan yang di validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat layak, hasil uji validitas dengan nilai 0,867 dan uji reliablitas dengan nilai 0,766. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif ini menunjukan angket motivasi belajar siswa dari 30 peserta didik yang mengisi angket kuisioner 67,65% sangat termotivasi untuk belajar dan 32,35% dari peserta didik cukup termotivasi untuk belajar.
Kata Kunci: media pembelajaran, mesin frais
Well-designed learning that utilizes multimedia technology allows students to learn more, understand what they are learning better, and improve the quality of learning. One use of multimedia technology in learning is the use of learning media. The research objective in this study is to determine the development of interactive learning media on milling machine material at SMKN 1 Sidoarjo. This research uses a research and development methodology or known as Research & Development (R&D). This research was conducted at SMK Negeri 1 Sidoarjo in August-September 2023. The results of this research were interactive learning videos in the form of learning videos which were validated by media experts and material experts with a very feasible category, the results of the validity test were with a value of 0.867 and the reliability test with a value of 0.766. The results of student responses to this interactive learning media show that in the student learning motivation questionnaire, 67.65% of the 30 students who filled out the questionnaire were very motivated to learn and 32.35% of the students were quite motivated to learn.
Keywords: learning media, milling machine