MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA STUDI SMA NEGERI 1 SURABAYA
Minat dapat dijelaskan sebagai rasa suka dan ketertarikan alami dengan tingkat yang tinggi terhadap suatu hal atau kegiatan. Minat itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu minat instrinsik atau dari dalam diri individu dan minat ekstrinsik atau dari luar individu. Dalam upaya mencapai minat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut, pihak sekolah sebagai penyelenggara kegiatan ekstrakurikuler diharapkan memiliki kemampuan untuk mengelola semua aspek yang terkait dengan minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bidang olahraga. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi minat siswa SMA Negeri 1 Surabaya dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode survei dan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Surabaya kelas XI dan XII tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 554 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa diambil dari kelas XI dan XII dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikasi atau batas eror 10% dengan pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Berdasarkan hasil studi, faktor intrinsik menjadi faktor paling dominan dalam memengaruhi minat siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Indikator dari faktor intrinsik yang memiliki nilai tertinggi adalah indikator perhatian dengan kategori sedang. Semakin besar perhatian siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga maka akan tinggi juga minat siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Sedangkan indikator yang memiliki nilai terbesar dari faktor ekstrinsik adalah indikator peran keluarga dan teman. Keluarga sebagai orang terdekat di rumah dan teman sebagai orang terdekat di sekolah dapat memberikan motivasi dan mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olaraga. Namun secara keseluruhan minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakuriuler olahraga di SMA Negeri 1 Surabaya berkategori sedang. Dari hasil penelitian permasalahan dari sedangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan eksrakurikuler olahraga yaitu kurangnya kesadaran tentang pentingnya aktivitas fisik dan keterbatasan fasilitas yang disediakan dalam menarik siswa untuk terlibat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolah.
Interest can be explained as a natural liking and interest with a high level of interest in a thing or activity. Interest itself is divided into 2, namely instrinsic interest or from within the individual and extrinsic interest or from outside the individual. In an effort to achieve high interest in participating in extracurricular activities at the school, the school as the organizer of extracurricular activities is expected to have the ability to manage all aspects related to student interest in participating in extracurricular activities in sports. this study aims to determine how high the interest of SMA Negeri 1 Surabaya students in participating in extracurricular sports activities.
The research design used in this research is descriptive qualitative with a survey method and using data collection techniques using a questionnaire. The population in this study were SMA Negeri 1 Surabaya students in grades XI and XII in the 2023/2024 school year totaling 554 students. The sample in this study amounted to 86 students taken from classes XI and XII using the Slovin formula with a significance level or error limit of 10% with sample selection using simple random sampling technique.
Based on the study results, intrinsic factors are the most dominant factors in influencing students' interest in participating in extracurricular sports activities. The indicator of intrinsic factors that has the highest value is the attention indicator with a moderate category. The greater the students' attention to participating in extracurricular sports activities, the higher the students' interest in participating in these activities. Meanwhile, the indicator that has the greatest value from extrinsic factors is the indicator of the role of family and friends. Family as the closest person at home and friends as the closest person at school can provide motivation and influence students' interest in participating in extracurricular sports activities. However, overall student interest in participating in extracurricular sports activities at SMA Negeri 1 Surabaya is categorized as moderate. From the results of the research, the problem of moderate student interest in participating in extracurricular sports activities is the lack of awareness about the importance of physical activity and the limited facilities provided in attracting students to be involved in participating in extracurricular activities at school.