VISUAL ANALYSIS OF THE FILM READY PLAYER ONE WITH THE CONNECTION TO THE DEVELOPMENT OF AUGMENTED REALITY IN THE METAVERSE
Ready Player One merupakan novel yang telah diadaptasikan menjadi sebuah film. Penelitian ini menganalis permasalahan dalam memahami relevansi dan implikasi dari representasi AR dan metaverse dalam film terhadap perkembangan teknologi di dunia nyata. Hyperreality sendiri menjadi titik yang perlu dicapai untuk membuktikan keselarasan Virtual dan Reality. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menerapkan 4 tahapan dari dalam analisisnya. Pada tahap deskriptif, diuraikan adegan-adegan dari perspektif seadanya. Pada tahap analisis, dibahas bagaimana unsur dan elemen tersebut membentuk susunan yang konseptual. Pada tahap interpretasi diungkap makna yang terkandung dalam adegan-adegan tersebut. Pada tahap evaluasi diungkap kesesuaian adegan-adegan tersebut dengan makna sesungguhnya. Dengan mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan-permasalahan ini, skripsi ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih komprehensif tentang hubungan antara elemen visual dalam film "Ready Player One" dengan perkembangan teknologi AR dan metaverse, serta dampaknya pada penonton dan industri hiburan.
Ready Player One is a novel that has been adapted into a film. This research analyzes the issues in understanding the relevance and implications of the representation of AR and the metaverse in the film concerning technological developments in the real world. Hyperreality itself becomes a target that needs to be achieved to prove the alignment of Virtual and Reality. This study employs a qualitative descriptive method, applying four stages in its analysis. In the descriptive stage, scenes are described from a factual perspective. In the analysis stage, the study discusses how these elements form a conceptual structure. In the interpretation stage, the meanings contained in the scenes are revealed. In the evaluation stage, the alignment of these scenes with their true meaning is uncovered. By identifying and addressing these issues, this thesis aims to provide a more comprehensive insight into the relationship between visual elements in the film "Ready Player One" with the development of AR and metaverse technologies, as well as their impact on viewers and the entertainment industry.