Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi myIM3 Menggunakan Metode TAM
Analysis of User Satisfaction Level of myIM3 Application Using TAM Method
Kepuasan pengguna merupakan suatu hal penting dalam menjalankan bisnis. Perusahaan harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas atas produk/ layanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Aplikasi myIM3 merupakan suatu aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Indosat Ooredoo Hutchison untuk melakukan pengecekan dan melakukan pembelian pulsa serta paket data secara online, melihat promo – promo yang ditawarkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison, dsb. Tercatat 10 juta lebih pengguna telah melakukan pengunduhan aplikasi myIM3 pada PlayStore maupun AppStore. Banyaknya fitur yang ditawarkan membuat pengguna sering mengalami kendala dalam mengakses aplikasi sehingga berpengaruh pada kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan korelasi antar variabel untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi myIM3. Metode yang digunakan pada penelitian ini untuk melakukan analisis kepuasan pengguna adalah metode Technology Accaptance Model (TAM). Dengan perhitungan Rumus Slovin didapatkan jumlah responden sebanyak 400. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner pada pengguna myIM3 di seluruh masyarakat umum dengan berbagai kriteria. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Structural Equation Model (SEM). Dari penelitian ini didapatkan hasil hipotesis yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah Attitude Toward Using to Behavioral Intention to Use, sedangkan hipotesis yang lain juga memiliki pengaruh yang signifikan seperti Perceived Ease of Use to Perceived Usefullness, Perceived Usefullness to Attitude Toward Using, Perceived Ease of Use to Attitude Toward Using, dan Behavioral Intention to Use to User Satisfaction.
User satisfaction is a critical thing in handling a business. The company must be capable to provide quality services for the products/services provided by them. MyIM3 application is an application developed by PT. Indosat Ooredoo Hutchison to check and purchase credit and data packages online, find promotions offered by Indosat Ooredoo Hutchison, etc. More than 10 million users have downloaded the myIM3 app on the PlayStore and AppStore. The number of features offered makes users often experience problems in accessing the application so it affects user satisfaction. This study aims to find a correlation between variables to determine the level of user satisfaction with myIM3 application. This study applied Technology Acceptance Model (TAM) method. The number of respondents obtained by using the calculation of Slovin's formula was 400. The technique of data collection used in this study was by distributing questionnaires to myIM3 users throughout the public with various criteria. The technique of data analysis used in this study was Structural Equation Model (SEM). From this study, the hypothesis that has the most significant influence is Attitude Toward Using to Behavioral Intention to Use, while other hypotheses which also have a significant influence are Perceived Ease of Use to Perceived Usefulness, Perceived Usefulness to attitude Toward Using, Perceived Ease of Use To attitude Toward Using, and Behavioral Intention to Use to User Satisfaction.