PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN TERHADAP MINAT MENJADI AUDITOR INTERNAL DENGAN DUKUNGAN ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI
(STUDI KASUS MAHASISWA AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)
THE INFLUENCE OF KNOWLEDGE AND EXPERIENCE ON INTEREST IN BECOMING AN INTERNAL AUDITOR WITH PARENTS AS A MODERATION VARIABLE
(CASE STUDY OF ACCOUNTING STUDENTS, FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS, SURABAYA STATE UNIVERSITY)
Audit internal merupakan sebuah fungsi penilaian yang telah dikembangkan secara independen dari sebuah organisasi dalam menilai dan menguji kegiatan yang mendukung pelayanan kepada organisasi bisnis. Audit internal melaksanakan evaluasi secara objektif dalam organisasi, yang mengawasi fungsi akuntansi, keuangan, dan berbagai bidang lainnya sebagai dasar bagi layanan administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan, pengalaman dan dukungan orang tua terhadap minat mahasiswa menjadi auditor internal. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan pengalaman sebagai variabel independen, dukungan orang tua sebagai variabel moderasi dan minat menjadi auditor internal sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode kuesioner yang disebar pada mahasiswa akuntansi angkatan 2020 yang telah menyelesaikan mata kuliah audit internal dan melakukan praktik kerja lapangan. Sebanyak 89 responden yang merupakan hasil datanya dari jumlah sampel yang berhasil diolah. Metode probability sampling dengan teknik purposive sampling metode yang digunakan. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis/MRA) . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan dan pengalaman berpengaruh terhadap minat menjadi auditor internal secara langsung serta dukungan orang tua mampu memoderasi pengetahuan dan pengalaman terhadap minat mahasiswa mwnjadi auditor internal.
Kata kunci: Pengetahuan, Pengalaman, Dukungan Orang Tua, Auditor Internal, Moderasi.
Internal audit is an assessment function that has been developed independently of an organization in assessing and testing activities that support services to business organizations. Internal audit carries out objective evaluations within the organization, overseeing the functions of accounting, finance, and various other areas as the basis for administrative services. This research aims to examine the influence of knowledge, experience and parental support on students' interest in becoming internal auditors. The variables used in this research are knowledge and experience as independent variables, parental support as a moderating variable and interest in becoming an internal auditor as the dependent variable. The data used in this research was collected using a questionnaire method distributed to accounting students class of 2020 who had completed internal audit courses and carried out practical field work. A total of 89 respondents were the result of the data from the number of samples that were successfully processed. Probability sampling method with purposive sampling technique used. The analysis techniques in this research are multiple linear regression analysis and moderated regression analysis (MRA). The results of this research show that knowledge and experience directly influence interest in becoming an internal auditor and parental support is able to moderate knowledge and experience in students' interest in becoming an internal auditor.
Keywords: Knowledge, Experience, Parental Support, Internal Auditor, Moderation.