Persepsi dan Penggunaan Siswa Terhadap Instagram Dalam Pembelajaran Kemampuan Berbicara Akademik
Students' Perception and Utilization of Instagram in Academic Speaking Skill Learning
Menguasai kemampuan berbicara akademik sangat penting bagi para pembelajar bahasa dalam mengembangkan prestasi akademik mahasiswa. Namun, hal ini menjadi aspek paling menantang dalam penguasaan bahasa karena bahasa ibu mahasiswa bukan bahasa Inggris. Pandemi COVID-19 yang muncul belakangan ini lebih lanjut menghambat penguasaan bahasa para mahasiswa. Instagram, sebagai teknologi canggih dan media sosial, dibahas sebagai alat potensial untuk pembelajaran bahasa dan meningkatkan kemampuan berbicara akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi dan pemanfaatan mahasiswa terhadap Instagram sebagai alat untuk mempelajari kemampuan berbicara akademik. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan pendekatan penjelasan sekuensial. Pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan kuesioner tertutup untuk menggali persepsi mahasiswa. Kuesioner didistribusikan melalui formulir xvi Google dengan formula Slovin kepada 70 mahasiswa pendidikan bahasa Inggris angkatan 2019 di salah satu universitas di Surabaya, Jawa Timur. Skor rata-rata dan frekuensi disajikan. Selanjutnya, juga dilakukan wawancara untuk memperoleh wawasan lebih dalam tentang bagaimana mahasiswa memanfaatkan Instagram untuk mempelajari kemampuan berbicara akademik. Tujuh mahasiswa yang telah memiliki pengalaman positif dalam menggunakan Instagram untuk mempelajari kemampuan berbicara akademik dipilih untuk diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif, dan sebagian besar mahasiswa berpendapat bahwa Instagram dapat digunakan untuk belajar dan berlatih kemampuan berbicara bahasa Inggris akademik. Persepsi positif tercermin dalam skor rata-rata yang diperoleh dari ketiga komponen persepsi (konatif 3.8, afektif 3.9, dan kognitif 4.1). Selain itu, pemanfaatan Instagram untuk mempelajari kemampuan berbicara akademik yang banyak digunakan oleh mahasiswa adalah dengan mengikuti akun-akun pendidikan bahasa Inggris, menjelajah akun edukatif Bahasa Inggris, berlatih dari konten edukatif, dan membuat catatan. Berdasarkan hasil di atas, Instagram dianggap sebagai platform yang berharga untuk belajar dan berlatih kemampuan berbicara bahasa Inggris akademik.
Kata kunci: Persepsi, Pembelajaran kemampuan berbicara akademik, Penggunaan Instagram, Instagram.
Acquiring academic speaking skills is crucial for language learners to develop student's academic achievements. However, it becomes the most challenging aspect of language acquisition since students' mother tongue is not English. The emergence COVID-19 pandemic has further hindered students' language acquisition. Instagram, as an advanced technology and social media, is discussed as a potential tool for language learning and enhancing academic speaking skills. The study aims to investigate students' perception and utilization of Instagram as a tool for learning academic speaking skills. This research used mixed method sequential explanatory. The descriptive quantitative used a close-ended questionnaire to elicit students’ perception. The questionnaire distributed via google forms by Slovin's formula to 70 students of English education 2019 in one of the University of Surabaya, East Java. The mean score and frequencies were presented. Furthermore, the interview was also conducted to gain a deeper insight about how students' utilize Instagram to learn academic speaking skills. Seven students who xiv have positively experienced using Instagram to learn academic speaking were chosen to be interviewed. The result showed positive results, and most students perceived that Instagram could be used for learning and practicing English academic speaking skills. The positive perception is reflected in the average mean scores obtained across all three perception components (conative 3.8, affective 3.9, and cognitive 4.1). In addition, instagram utilization to learn academic speaking skills employed by most students were; by following English educative accounts, exploring the contents from English educative accounts, doing practice from the contents, and taking notes. Based on the results above, Instagram is considered as a valuable platform for learning and practicing English academic speaking skills.
Keywords: Perception, Academic speaking skills learning, Instagram utilization, Instagram.