Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Agensi Hiburan Korea Terbaik dengan Metode AHP dan TOPSIS
Decision Support System for Determining the Best Korean Entertainment Agency using the AHP and TOPSIS Methods
Perkembangan industri hiburan Korea Selatan di dunia sangat berkembang pesat dan cepat menyebar luas. Keberadaannya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan sehingga menghasilkan suatu fenomena Korean wave. Seiring dengan berkembangnya zaman, fenomena Korean wave menyebabkan para pendiri agensi hiburan Korea membuka audisi di berbagai dunia termasuk di Indonesia. Persaingan antar agensi hiburan Korea untuk mempromosikan artis-artisnya juga menjadi makin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urutan prioritas kriteria dalam memilih agensi hiburan Korea dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan dan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk pe-ranking-an alternatif. Hasil analisis dengan menggunakan metode ini menyimpulkan bahwa urutan kriteria yang paling diprioritaskan dalam memilih agensi hiburan Korea adalah manajemen dengan bobot senilai 0.234, cara agensi menangani rumor dengan bobot senilai 0.175, penjualan album dengan bobot senilai 0.153, pembagian penghasilan antara artis dan agensi dengan bobot senilai 0.127, konser dengan bobot senilai 0.124, banyaknya penghargaan yang didapat oleh artis tersebut dengan bobot senilai 0.116, dan banyaknya iklan yang didapat oleh artis tersebut dengan bobot senilai 0.071. Sedangkan, peringkat agensi hiburan Korea terbaik adalah HYBE Labels dengan nilai 0.857, JYP Entertainment dengan nilai 0.711, YG Entertainment dengan nilai 0.626, Starship Entertainment dengan nilai 0.424, dan SM Entertainment dengan nilai 0.266.
Kata kunci : Agensi Hiburan Korea, AHP, TOPSIS
The development of the South Korean entertainment industry in the world is growing and spreading rapidly. Its existence tends to be accepted by the public from various circles, resulting in a Korean wave phenomenon. As time progressed, the Korean wave phenomenon caused the founders of Korean entertainment agencies to open auditions in various parts of the world, including in Indonesia. Competition between Korean entertainment agencies to promote their artists is also increasing. This research aims to determine the priority order of criteria in selecting Korean entertainment agencies using the Analytical Hierarchy Process (AHP) method for weighting and the Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) method for ranking alternatives. The results of the analysis using this method conclude that the most prioritized order of criteria in selecting a Korean entertainment agency is management with a weight of 0.234, the way the agency handles rumors with a weight of 0.175, album sales with a weight of 0.153, the division of income between the artist and the agency with a weight of 0.127, concerts with a weight of 0.124, the number of awards received by the artist with a weight of 0.116, and the number of advertisements received by the artist with a weight of 0.071. Meanwhile, the ranking of the best Korean entertainment agencies is HYBE Labels with a score of 0.857, JYP Entertainment with a score of 0.711, YG Entertainment with a score of 0.626, Starship Entertainment with a score of 0.424, and SM Entertainment with a score of 0.266.
Keywords : Korean entertainment agency, AHP, TOPSIS