ABSTRAK
Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan semakin dipicu akan media yang digunakan sebagai sarana komunikasi. Smartphone di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam merek smartphone, salah satunya adalah samsung. Smartphone samsung bereda pada urutan pertama di dalam maket share lima besar merek smartphone yang beredar di Indonesia. Namun smartphone samsung memiliki tingkat kerusakan paling tinggi dibandingkan dengan smartphone merek lainnya seperti xiaomi, oppo, vivo dan Huawei. Tujuan penelitian ini untuk menganalisi dan membahas pengaruh antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian.
Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probality sampling dengan judgmental sampling. Sampel yang dibutuhkan sebanyak 220 orang. Dengan kriteria pengguna smartphone samsung berusia 17-56 tahun di kota Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan skala likert, pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan secara offline, dengan teknik analisi data menggunakan analisis regresi berganda.
Penelitian ini menghasilkan bahwa citra merek dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Namun, tidak terdapat pengaruh signifikan antara citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merel memiliki pengaruh lebih besar dari pada variabel kualitas produk. Sehingga dapat disimpulkan bahawa keputusan pembelian pada produk smartphone samsung dipengaruhi oleh citra merek.
Kata Kunci : Citra Merek,Kualitas Produk,Keputusan Pembelian
As technology develops rapidly, the need is increasingly triggered by the media used as a means of communication. Smartphones in Indonesia itself there are various kinds of smartphone brands, one of which is Samsung. Samsung's smartphone is the first in a mock-up of the top five smartphone brands circulating in Indonesia. However Samsung smartphone has the highest level of damage compared to other brand smartphones such as Xiaomi, Oppo, Vivo and Huawei. The purpose of this study is to analyze and discuss the influence between brand image and product quality on purchasing decisions.
Sampling using non-probality sampling techniques with judgmental sampling. The samples needed are 220 people. With the criteria for Samsung smartphone users aged 17-56 years in the city of Surabaya. This research method uses a Likert scale, data collection using a questionnaire distributed offline, with data analysis techniques using multiple regression analysis.
This research results that the brand image and product quality partially have a positive effect on purchasing decisions. However, there is no significant effect between brand image and product quality on purchasing decisions. The merel image variable has a greater influence than the product quality variable. So it can be concluded that the purchasing decision on Samsung smartphone products is influenced by brand image.
Keywords: Brand Image,Product Quality,Purchasing Decisions