Manajemen Pembelajaran Pada Program Kelas Kompetisi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Surabaya
Learning Management in the Competition Class Program at State Junior High School 15 Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran kelas kompetisi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengajar kelas kompetisi serta siswa SMP Negeri 15 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data meliputi uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik, membercheck, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukan manajemen pembelajaran kelas kompetisi memiliki perencanaan yang matang untuk dijalankan yang dimulai dengan merencanakan kurikulum sampai dengan bahan ajar yang digunakan. Implementasi pembelajaran kelas kompetisi dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan diikuti oleh semua warga sekolah dengan dukungan penuh terhadap program pembelajaran kelas kompetisi yang menjadi program unggulan sekolah. Evaluasi pembelajaran kelas kompetisi dilakukan terus menerus sebagai bahan pengambilan keputusan untuk program selanjutnya.
Kata kunci : manajemen pembelajaran, kelas kompetisi, manajemen kelas
This study seeks to define the planning, implementation, and evaluation of competition class learning at 15 Junior High School Surabaya. This research uses a qualitative research method with a case study method. The subjects of this study were the principal, the teaching teacher of the competition class and the students of SMP Negeri 15 Surabaya. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data includes a credibility test with source and technique triangulation, member check, transferability test, dependability test, and confirmability test.
The results of this study indicate that the learning management of the competition class has a careful plan to carry out which starts with planning the curriculum to the teaching materials used. The implementation of competition class learning is carried out according to the program and followed by all school members with full support for the competition class learning program which is the school's flagship program. The evaluation of competition class learning is carried out continuously as a decision-making material for the next program.
Keywords: learning management, competition class, class management