Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA/MA di Kabupaten Sumenep
Analysis of Science Literacy Skills of Senior High School Students in Sumenep Regency
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik SMA/MA di Kabupaten Sumenep yang berada di wilayah pesisir dan wilayah kota serta berdasarkan gender (laki-laki dan perempuan). Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah di Kabupaten Sumenep, yaitu MAN Sumenep dan SMA Nurul Jadid. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang bertujuan khusus (purposive sampling), sehingga terpilih peserta didik kelas XI IPA di dua sekolah sebanyak 67 peserta didik, terdiri dari 25 peserta didik laki-laki dan 42 peserta didik perempuan. Instrumen pada penelitian ini berupa soal literasi sains yang berbentuk uraian dan pilihan ganda sebanyak 13 soal materi Kalor. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode validasi dan metode tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasyarat uji-t. Pada penelitian ini terbukti sampel terdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen sehingga uji statistik yang digunakan adalah uji-t tidak berpasangan atau independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan: a) kemampuan literasi sains peserta didik SMA/MA di Kabupaten Sumenep masih tergolong rendah. Persentase rata-rata kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 26,00%, kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah sebesar 12,51%, dan kompetensi menginterpretasi data dan bukti secara sebesar 43,99%; b) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi sains peserta didik diwilayah kota dan diwilayah pesisir, dan c) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains peserta didik laki-laki dan perempuan.
Kata Kunci: literasi sains, gender, kota, pesisir
This study purposes are to describe the ability of scientific literacy of Senior High School (SMA/MA) students in Sumenep Regency in coastal areas and urban areas and based on gender (male and female). This research was conducted in two schools in Sumenep Regency, namely MAN Sumenep and SMA Nurul Jadid. Determination of the sample in this study using a sampling technique that aims specifically (purposive sampling), so that selected students of class XI IPA in two schools were 67 students, consisting of 25 male students and 42 female students. The instrument in this study was in the form of a matter of scientific literacy in the form of a description and multiple choice of 13 Heat material questions. Data collection methods in this study use the validation method and the test method. Data analysis in this study used the normality test and homogeneity test as a prerequisite for the t-test. In this study, it was proven that the sample was normally distributed and came from a homogeneous population so that the statistical test used was the unpaired t-test or independent sample t-test. The results of this study indicate: a) the ability of scientific literacy of SMA/MA students in Sumenep Regency is still relatively low. The average percentage of competence to explain the phenomenon scientifically is 26.00%, the competence of evaluating and designing scientific investigations is 12.51%, and the competence to interpret data and evidence is 43.99%;b) there is a significant differen cebetween the scientific literacy ability of students in urban and coastal areas, and c) there is no significant difference in the scientific literacy ability of male and female students.
Keywords: scientific literacy, gender, city, coast