Pengembangan Video Animasi Bergerak Sparkol VideoScribe Pada Materi Perubahan Makna Bagi Mahasiswa JBSI
Peneletian ini memiliki maksud untuk membantu pengajar dan mahasiswa dalam memahami materi dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat dibuat dengan mudah dan menyenangkan. Maka dengan itu, peneliti menggunakan aplikasi Sparkol VideoScribe yang dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan. Dengan metode pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis digunakan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terkait media pembelajaran. Desain digunakan untuk merancang naskah materi dan merancang konsep media video pembelajaran. Pengembangan digunakan untuk membuat produk yaitu berupa video hasil. Implementasinya adalah menggunakan uji-uji dan tes. Sedangkan pada tahap evaluasi digunakan untuk membuat revisi akan video. peneliti memulai dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa yang dilakukan dengan menyebar angket kebutuhan mahasiswa, lalu merancang video serta naskah materi, lalu masuk ke proses pembuatan video, untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan video pembelajaran maka media video pembelajaran di uji dengan uji validitas, angket respon mahasiswa, serta soal tes. Dengan uji-uji tersebut maka diperoleh hasil dari uji validitas yang diuji oleh validator ahli media dan validator ahli materi memperoleh hasil 71,31% dan dikategorikan layak untuk menjadi media video pembelajaran. Lalu untuk angket respon mahasiswa mendapatkan hasil presentase 93,98% dan dikategorikan sangat baik. Dan yang terakhir adalah soal tes yang memperoleh hasil rata-rata kelas sebesar 94,84 yang dapat dikategorikan sangat mudah untuk dipahami.
This research has the intention of helping teachers and students understand the material by using learning media that can be made easily. So with that, researchers use the Sparkol VideoScribe application which can be used for all levels of education. With the ADDIE development method, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation, researchers begin by analyzing student needs, then designing videos and material scripts, then entering the process of making videos, to determine the validity, effectiveness, and practicality of learning videos, learning video media tested by validity test, student response questionnaire, and test questions. With these tests, the results obtained from the validity test obtained a result of 71.31% and were categorized as feasible to become learning videos, learning video media tested by validity test, student response questionnaire, and test questions. With these tests, the results obtained from the validity test obtained a result of 71.31% and were categorized as feasible to become learning videos. Then for the student response questionnaire, the percentage results were 93.98% and categorized as very good. And the last one is the test questions which get a class average result of 94.84 which can be categorized as very easy to understand.