Implementasi Kebijakan Pusat Inkubasi Bisnis Di Universitas Negeri Surabaya
Implementation of the Business Incubation Center Policy at Surabaya State University
Komersialisasi hasil riset merupakan upaya yang dilakukan oleh pemilik riset (dosen/mahasiswa) untuk dapat memperdagangkan hasil risetnya kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk mengimplementasikan kegunaan praktis hasil-hasil riset tersebut sekaligus meraup keuntungan secara finansial. Produk hasil riset atau penelitian yang dilakukan oleh peneliti di lingkungan universitas mengalami beberapa hambatan dalam proses komersialisasinya yang muncul baik secara internal (kesiapan produk) maupun eksternal (penerimaan masyarakat luas). Persoalan tersebut menjadi landasan bagi universitas untuk mendirikan inkubator untuk mengelola (menginkubasi) hasil riset mengarah ke komersialisasi. Universitas Negeri Surabaya mengambil kebijakan untuk menindaklanjuti komersialisasi hasil riset secara nyata dengan dibentuknya Pusat Inkubasi Bisnis yang merupakan langkah awal yang strategis untuk membuka gerbang komersialisasi hasil riset. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori implementasi kebijakan publik Soren C. Winter yang disebut Model Implementasi Integratif yang terdiri atas tiga variabel yakni perilaku hubungan antarorganisasi, perilaku implementor/birokrasi level bawah, dan perilaku kelompok sasaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui untuk mendapatkan data dan informasi yaitu melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen-dokumen terkait. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kebijakan Pusat Inkubator Bisnis Teknologi di Universitas Negeri Surabaya sudah bagus, hal ini dilihat dari indikator perilaku hubungan antarorganisasi yang menunjukkan terwujudnya kolaborasi antarorganisasi, indikator perilaku implementor/birokrasi level bawah PIBT Unesa dipengaruhi dengan kemampuan pengambilan keputusan penting saat adanya pengaruh yang lebih dominan diluar kewenangan formal (deskreasi).
Kata Kunci: implementasi kebijakan, inkubasi bisnis, produk inovasi, hasil riset.
Commercialization of research results is an effort made by research owners (lecturers/students) to be able to trade their research results to the wider community to implement the practical use of the research results while at the same time reaping financial benefits. Products resulting from research conducted by researchers in the university environment experience several obstacles in the commercialization process that arise both internally (product readiness) and externally (acceptance of the wider community). These problems became the basis for universities to establish incubators to manage (incubate) research results leading to commercialization. The State University of Surabaya has taken a policy to follow up on the commercialization of research results in real terms with the establishment of a Business Incubation Center which is a strategic first step to open the gates for commercialization of research results. The type of research is descriptive with a qualitative approach. This study was analyzed using Soren C. Winter's theory of public policy implementation which is called the Integrative Implementation Model which included three variables, namely the behavior of inter-organizational relations, the behavior of the implementor/low-level bureaucracy, and the behavior of the target group. Data collection techniques are used to obtain data and information through interviews, observations, and the collection of related documents. While the data analysis technique uses the model of Miles and Huberman in that is data collection, data reduction, data presentation, and concluding. The results showed that the implementation of the Business Incubation Center Policy at the State University of Surabaya have been going well, this was seen from the behavioral indicators of inter-organizational relations which showed the realization of inter-organizational collaboration. Behavior indicators for the implementor/bureaucratic level below the PIBT Unesa are influenced by the ability to make important decisions when there is a more dominant influence outside the formal authority (descreation).
Keywords: policy implementation, business incubation, product innovation, research results