Pada pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) di SDN Pademonegoro terdapat pembelajaran sepak takraw kompetensi dasar permainan bola kecil. Indikatornya adalah mempraktekkan keterampilan sepak sila dan heading, dengan materi aktivitas permainan dan olahraga salah satunya sepak takraw. Untuk tercapainya indikator yang harus dilakukan adalah memodifikasi permainan pada pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru PJOK di SDN Pademonegoro, siswa pada saat pembelajaran materi sepak takraw para siswa kurang antusias dan bermalas-malasan untuk melakukan tugas gerak.
Modifikasi permainan sepak takraw dalam pembelajaran PJOK digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam melakukan tugas gerak. Peneliti memodifikasi dengan tujuan mengemas suatu materi yang menarik agar siswa merasa gembira dan mudah dalam menerima pembelajaran, sehingga siswa dalam tahap belajar akan terangsang dan tertuntun dalam melakukan tugas gerak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan modifikasi permainan sepak takraw terhadap kegembiraan siswa dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas V SDN Pademonegoro dan mengetahui berapa besar pengaruh penerapan modifikasi permainan sepak takraw terhadap kegembiraan siswa kelas V SDN Pademonegoro. Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design. Untuk instrumen penilaian menggunakan angket kegembiraan.
Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan modifikasi permainan sepak takraw terhadap kegembiraan siswa dalam pembelajaran PJOK siswa kelas V SDN Pademonegoro, dibuktikan dengan nilai Thitung 2,381 lebih besar dari Ttabel 2,052 dengan persentase sebesar 7,98%
Kata Kunci : Modifikasi, Sepak Takraw, Kegembiraan.
In physical education, sports and health (PJOK) learning at SDN Pademonegoro there is sepak takraw learning which basic competencies are small ball games and indicators are practicing the skills of sila and heading, material for sports and game activities. To achieve the indicators, the learning process of the must be modified. Based on the results of observations and interviews with PJOK teachers at Pademonegoro Elementary School, students were less enthusiastic and lazy to do the task of moving when learning sepak takraw.
Modifications of sepak takraw games in PJOK learning are used to overcome the difficulties of students in doing mobile tasks. Researchers modify with the aim of packaging an interesting material so that students feel happy and easy to take in the material. Therefore, students will be stimulated and guided in doing the task of moving during the learning
This research was conducted to determine whether there is an effect of the application of the sepak takraw game modification to the students' excitement in PJOK learning in the fifth grade students of Pademonegoro Elementary School. If there is an effect, the magnitude of the influence will be measured. The research was conducted using quasi-experimental research with a quantitative approach and one group pre-test post-test design.
Based on the results of data analysis from this study, it can be concluded that there is an effect of the application of the sepak takraw game modification on the excitement of the fifth grade students of Pademonegoro Elementary School students in learning PJOK, proved by the value of Tcount 2.381 which in greater than Ttable 2.052 with a percentage of 7.98%.
Keyword : Modification, Sepak Takraw, Enjoyment.