Analisis transisi pembelajaraan pasca pandemi dari daring ke luring di SMKN 3 Surabaya
Analysis of post-pandemic learning transition from online to offline at SMKN 3 Surabaya
Penyebaran covid-19 sudah mulai menyusut sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan memberlakukan pembelajaran secara offline. Sekolah. SMKN 3 Surabaya merupakan sekolah yang terdampak covid-19. Pada pembelajaran yang telah dilaksanakan secara daring dan luring banyak guru mengeluh terkait siswa dalam pembelajaran di kelas karena perlu akan penyesuaian dari efek pembelajaran daring ke luring. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis transisi pembelajaran pasca pandemi dari daring ke luring di SMK Negeri 3 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi nilai PAS Ketika daring dan luring, dokumentasi dan penyebaran kuesioner online melalui google form kepada kelas XI dan XII TKRO di SMKN 3 Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis deskriptif dan uji prasyarat Uji prasyarat yang digunakan yaitu Uji hipotesis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai turunannya.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti Terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran daring dan pembelajaran luring di SMKN 3 Surabaya. Dibuktikan dengan hasil uji t padaa penelitian ini. Hasil uji t mendapatkan nilai sig < 0,05 = 0,00 < 0,05 yang mana menunjukkan H0 ditolak dan ha diterima. Lalu pada angket resnpon belajar siswa mendapatkan persentase sebanyak 56% siswa tertarik pada pembelajaran luring diperkuat juga oleh respon guru sebanyak 53% guru menyukai pembelajaran luring. Sehingga peneliti menarik kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar pada pembelajaran daring dan luring di SMKN 3 Surabaya. Oleh karena itu diantara pembelajaran luring dan daring diketahui bahwa pembelajaran luring lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran daring.
Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran, daring, luring
The spread of covid-19 has begun to shrink so the government issued a policy to impose offline learning. School. SMKN 3 Surabaya is a school affected by covid-19. In learning that has been carried out online and offline, many teachers complain about students in classroom learning because they need to adjust from the effects of online to offline learning. So the purpose of this study is to analyze the post-pandemic learning transition from online to offline at SMK Negeri 3 Surabaya.
Keywords: learning outcomes, learning, online, offline