Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kejar Paket B di PKBM Budi Utama Surabaya
Implementation Of Learning Management In Increasing Student Motivation to Pursue Package B at PKBM Budi Utama Surabaya
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET B DI PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mendeskrispsikan, dan menganalisis manajemen pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di PKBM Budi Utama. Manajemen pembelajaran merupakan kegiatan untuk mengatur jalannya pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Lembaga PKBM Budi Utama memiliki keunikan tersendiri yaitu pembelajaran untuk paket B dan C berlangsung di malam hari, sehingga keadaan ini menjadi daya tarik orang tua untuk mendaftarkan putra-putrinya.
Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tutor dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data diperoleh dari teknik kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran di PKBM Budi Utama dimulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan pembelajaran dengan menyusun RPP, menyusun bahan ajar, mengidentifikasi kebutuhan belajar, dan merumuskan tujuan. Pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan memilih metode mengajar yang sesuai dengan murid, alat bantu belajar sesuai dengan materi, mengatur besar kelas sesuai jumlah peserta didik, dan memilih strategi yang tepat untuk menyampaikan peraturan. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memperkuat motivasi belajar peserta didik dan memilih strategi di segala umur. Pengawasan pembelajaran dilakukan dengan evaluasi system belajar dan mengukur hasil belajar. Dari manajemen pembelajaran yang telah dilakukan di PKBM tersebut dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Terbukti dengan adanya dorongan dan kebutuhan dengan mencari tahu di internet dan mencatat, memiliki harapan dan cita-cita masa depan yang jelas, mendapatkan penghargaan, dan memiliki kegiatan yang menarik.
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran, Motivasi Belajar
IMPLEMENTATION OF LEARNING MANAGEMENT IN INCREASING STUDENT MOTIVATION TO PURSUE PACKAGE B AT PKBM BUDI UTAMA SURABAYA
This study aims to study, describe, and analyze learning management in increasing student motivation in PKBM Budi Utama. Learning management is an activity to regulate the course of learning starting from planning, organizing, implementing, and supervising. Budi Utama PKBM institution has its own uniqueness, namely learning for packages B and C takes place at night, so this situation is an attraction for parents to register their children.
This approach and type of research is qualitative descriptive. Data sources in this study are tutors and learners. The data collection techniques used were in-depth interviews, participatory observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusions. Data validity techniques are obtained from credibility, transparency, dependability, and confirmability techniques.
The results showed that learning management at PKBM Budi Utama starts from the planning, organizing, implementing, and supervising stages. Learning planning by compiling lesson plans, compiling teaching materials, identifying learning needs, and formulating goals. Organizing learning is done by choosing teaching methods that suit students, learning aids according to the material, arranging class sizes according to the number of students, and choosing the right strategy to convey rules. The implementation of learning is carried out by strengthening the motivation of learning students and choosing strategies at all ages. Learning supervision is carried out by evaluating the learning system and measuring learning outcomes. From the learning management that has been carried out in PKBM, it can increase student learning motivation. Proven by the encouragement and need by searching the internet and taking notes, having clear hopes and aspirations for the future, getting awards, and having interesting activities.