The Unique Process towards Sequential Bilingualism among Fan fiction Readers
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fan fiction dapat membantu English Language Learners (ELL) untuk mempelajari Bahasa Inggris tanpa dibantu oleh edukasi secara formal. Penelitian ini merujuk pada latar belakang dan identitas para ELL, prosesnya, dan menentukan bagaimana persepsi mereka terhadap Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan melakukan kuesioner online melalui Google Form, yang akan diisi oleh pembaca fan fiction dari media sosial Tumblr. Sampel yang digunakan adalah 20 partisipan dari negara-negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka. Hasil penelitian ini akan dianalisis menggunakan tiga teknik: data condensation, data display, dan drawing and verifying conclusions. Temuan menunjukkan bahwa usia para ELL mempengaruhi secara signifikan terhadap proses belajar Bahasa Inggris. Penemuan ini juga menyumpulkan bahwa para ELL menganggap Bahasa Inggris sebagai pemersatu orang-orang dari negara lain. Oleh karena itu, membaca fan fiction bisa disimpulkan menjadi cara efektif belajar Bahasa Inggris.
The purpose of the present study is to discover if fan fiction can help English Language Learners (ELL) to learn English without formal education. This study aimed to ELLs’ background and identity, the process, and determine the language learners' perspectives toward English. This study used a qualitative approach. This study collected the data by conducting an online questionnaire via Google Form, which filled by fan fiction readers from the Tumblr platform. The sample was 20 participants from different countries worldwide with English as their second language (L2). The result of the study was analyzed using three techniques: data condensation, data display, and drawing and verifying conclusions. The finding showed that the ELLs’ age played a significant role in the language learning process. The finding also discovered that fan fiction readers consider English to connect with other people from different countries. Therefore, reading fan fiction can be concluded to be an effective way to learn English.