STUDENT’S UNDERSTANDING 6th GRADE OF SDN BALEREJO 02 TO THE READING SI JLITHENG BY IMPIAN NOPITASARI (LITERARY RESEPTION STUDY)
Wacan bocah dengan judul Si Jlitheng karya Impian Nopitasari mewujudkan suatu karya yang berisi contoh untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu isi cerita tersebut bisa menarik perhatian khususnya anak-anak. Hal tersebut yang membuat penelitian mengenai resepsi sastra ini dilaksanakan. Fokus pada penelitian ini yaitu mengenai nilai moral dalam wacan bocah dan juga pemahaman pembaca yang berdasarkan pada daya intelektual dan emosional anak terhadap bacaan Si Jlitheng. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan mengenai nilai moral dan juga pemahaman reseptor yang berdasarkan pada daya intelektual dan emosional anak terhadap bacaan Si Jlitheng. Penelitian ini diharapkan memberikan pengetahuan dan wawasan terhadap pembaca. Penelitian ini menggunakan teori resepsi sastra dan struktural sebagai pendukung. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kemudian teknik yang digunakan yaitu cara gabungan karena peneliti mengumpulkan data dengan cara angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Reseptor dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 6 SDN Balerejo 02 yang berjumlah 14 anak. Data penelitian ini yaitu hasil dari kuisioner dan wawancara, analisis isi cerita dan juga pemahaman reseptor yang diolah berdasarkan pemahaman intelektual dan emosional anak. Hasil penelitian ini yaitu nilai-nilai moral yang terdapat dalam wacan bocah, reseptor bisa memberikan jawaban, mengerti dan memahami mengenai unsur-unsur yang terdapat dalam wacan bocah Si Jlitheng berdasarkan daya intelektual dan emosional siswa. Pemahaman berdasarkan daya intelektual meliputi tema, alur, watak dan gaya bahasa. Pemahaman berdasarkan daya emosional meliputi emosi, perbuatan, minat dan amanat. Masing-masing anak memiliki pemahaman yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan emosional yang dimiliki oleh anak.
Kata Kunci: resepsi sastra, nilai moral, daya intelektual dan emosional
A child's discourse with the title Si Jlitheng by Impian Nopitasari creates a work that contains examples for everyday life. In addition, the content of the story can attract attention, especially children. This is what makes this research on literary reception carried out. The focus of this research is on the moral values in children's discourse and also the reader's understanding based on the child's intellectual and emotional power towards Si Jlitheng's reading. The purpose of this study is to explain moral values and also the understanding of receptors based on children's intellectual and emotional power towards Si Jlitheng's reading. This research is expected to provide knowledge and insight to readers. This study uses literary and structural reception theory as a support. The method used is descriptive method then the technique used is a combined method because the researcher collects data by means of questionnaires, interviews, documentation and observation. The receptors in this study were the 6th grade students of SDN Balerejo 02, totaling 14 children. The data of this research are the results of questionnaires and interviews, analysis of the content of the story and also the understanding of receptors which are processed based on the intellectual and emotional understanding of children. The results of this study are the moral values contained in the discourse of the boy, the receptor can provide answers, understand and understand the elements contained in the discourse of the boy Si Jlitheng based on the intellectual and emotional power of students. Understanding based on intellectual power includes themes, plot, character and style of language. Understanding based on emotional power includes emotions, actions, interests and mandates. Each child has a different understanding according to the abilities and emotions possessed by the child.
Keywords: literary reception, moral values, intellectual and emotional power