PENGARUH PENGGUNAAN VERNIER CALIPER BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA SMK
THE EFFECT OF VERNIER CALIPER BASED ANDROID ON LEARNING OUTCAMES OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENT IN THE BASIC OCCUPATIONAL SUBJECT OF AUTOMOTIVE ENGINEERING
Penggunaan media dalam proses pembelajaran diharapkan mampu menumbuhkan minat dan motivasi belajar memperjelas fakta yang diharapkan dan mengerti materi yang disampaikan oleh guru sehingga mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Di SMK Krian 2 Sidoarjo khususnya kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor dalam mendukung proses belajar mengajar di kelas antara lain dengan menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang digunakan adalah papan tulis dan Lembar Kerja Siswa dengan metode tersebut maka siswa kurang menangkap pesan dari materi karena belum adanya gamabar visual yang jelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan Nonequivalent Control Pretest dan Posttest atau bisa disebut dengan desain grup yang tidak setara.
Metode penelitian kuantitatif adalah cara untuk memperoleh ilmu pengetahuan atau memecahkan masalah secara hati-hati dan sistematis, dan data-data yang dikumpulkan berupa rangkaian atau kumpulan angka-angka. Dimana jenis penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan pretes dan postest. Hasil yang diterapkan dalam penelitian ini dapat menunjukan bahwa “Pengaruh penggunaan vernier caliper berbasis android terhadap hasil belajar siswa SMK”
Hasil uji T dari penelitian ini memaparkan bahwa nilai T hitung lebih besar dari T table (5,921>2,037) sehingga hipotesis Ha2 mengatakan adanya pengaruh pada media pembelajaran vernier caliper berbasis android di hasil belajar siswa diterima dengan besar pengaruh 49,5%.
The use of media in the learning process is expected to be able to foster interest and motivation to learn, clarify the expected facts and understand the material presented by the teacher so as to get the desired learning outcomes. In SMK Krian 2 Sidoarjo especially class X Motorcycle Business Engineering in supporting the teaching and learning process in class, among others, by using the lecture method and the learning media used are blackboards and Student Worksheets. clear visual image.
The type of research used in this research is quantitative research with Nonequivalent Control Pretest and Posttest or it can be called an unequal group design.
Quantitative research methods are ways to gain knowledge or solve problems carefully and systematically, and the data collected is in the form of a series or collection of numbers. Where this type of research uses tests, observations, interviews, and documentation. The data collection technique uses pretest and posttest. The results applied in this study can show that "The Effect of Vernier Caliper Based Android on Learning Outcomes of Vocational High School Students in the Basic Occupational Subject of Automotive Engineering"
The results of the T test from this study explained that the calculated T value is greater than T table (5.921> 2.037) so that the Ha2 hypothesis says that there is an influence on Android-based vernier caliper learning media on student learning outcomes accepted with a large influence of 49.5%.