PEMANFAATAN CERITA PENDEK BERBAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSA KATA SISWA KELAS 8 SMP
UTILIZING SHORT STORIES TO IMPROVE
VOCABULARY OF 8TH GRADERS JUNIOR HIGH SCHOOL
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tentang penggunaan cerita pendek berbahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan kosa kata siswa kelas 8 SMP Negeri di Surabaya dan bagaimana persepsi mereka terhadap cerita pendek berbahasa inggris. Peneliti menggunakan metode CAR (Classroom Action Research) yang melibatkan 28 siswa (13 laki-laki, 15 perempuan) dengan kemampuan yang beragam. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menerapkan ujian serta wawancara terkait dengan penggunaan cerita pendek berbahasa inggris. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini mengungkapkan bahwa cerita pendek berbahasa inggris membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan kosa kata mereka (Mean: 68 > 72 > 80). Selain itu, mereka juga mempunyai persepsi positif terhadap penggunaan cerita pendek berbahasa inggris.
Kata kunci: cerita pendek bahasa inggris, kosa kata, persepsi
This study was conducted to analyze the use of English short stories to improve the vocabulary mastery of 8th grade students at a public junior high school in Surabaya and their perceptions towards the use of English short stories. The researcher used the Classroom Action Research (CAR) method, involving 28 students (13 males, 15 females) with varying abilities. Data was collected through tests and interviews related to the use of English short stories. According to the analysis, this study revealed that English short stories helped students improve their vocabulary skills (Mean: 68 > 72 > 80). Moreover, the students also had a positive perception towards the use of English short stories.
Keyword: English short stories, vocabulary, perception